• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Harap Bukti Bawaslu Jadi Pertimbangan Putusan Hakim MK

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) bersama Kepala Biro Hukum Humas dan Pengawasan Internal Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait saat menghadiri sidang sengketa PHPU pemilihan presiden 2019/Foto: Abdul Hamid

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, pihaknya telah menyampaikan bukti-bukti dalam sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pemilihan presiden (pilpres) sehingga bisa jadi pertimbangan Hakm Mahkamah dalam memutus.

Abhan menegaskan, bukti-bukti yang diserahkan Bawaslu adalah bukti berdasarkan fakta-fakta pengawasan yang telah dilakukan seluruh jajaran Bawaslu, mulai tingkat pusat hingga tingkat TPS sebanyak 272 kontainer plastik.

"Mudah-mudahan keterangan dan alat bukti yang kami berikan, menjadi pertimbangan hakim Mahkamah dalam rangka menegakkan keadilan Pemilu," ujar Abhan dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Baca juga: Bawaslu Putuskan KPU Nias Selatan dan Tujuh PPK Tak Melanggar

Hal senada disampaikan Ketua KPU Arief Budiman. Dirinya pun berharap persidangan PHPU selama ini, dapat mewujudkan proses demokrasi yang luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

Arief meminta meminta hakim MK bisa memberikan putusan perkara sengketa pilpres ini dengan seadil-adilnya. "Saya harap hakim Mahkamah memutus secara adil," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MK Anwar Usman menegaskan, dalam memutus perkara sengketa PHPU pilpres tersebut, sembilan Hakim Mahkamah tetap memegang teguh asas keadilan dan bebas dari intervensi mana pun.

Sekadar informasi, sidang sengketa PHPU tersebut telah selesai untuk proses pembuktian. Dan akan dilanjutkan kembali pada Jumat (28/6/2019) dengan agenda pembacaan putusan.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Abdul Hamid

Lihat Berita Seputar Keterangan Bawaslu di Sidang MK:

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu