• English
  • Bahasa Indonesia

Susun Keterangan Tertulis, Bawaslu Sulbar Harus Naik Turun Gunung

Ketua Bawaslu Abhan saat mendampingi jajaran Bawaslu Sulbar dalam sidang sengketa proses pileg di MK, Rabu 10 Juli 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Proses Bawaslu Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menyelesaikan keterangan tertulis dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum calon DPR-DPRD di Mahkamah Konstitusi (MK) tidaklah mudah. Dia bercerita, harus menempuh waktu berjam-jam blusukan dari satu tempat ke tempat lainnya.

"Kami harus naik turun gunung untuk kumpulkan data-data hasil pengawasan selama Pemilu 2019," kata Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo di Gedung Mahkamah Konstitusi, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Bawaslu Jakarta Percaya Diri Hadapi Sidang PHPU Pileg

Kondisi geofrafis bukan menjadi kendala satu-satunya kendala. Sulfan beserta jajarannya juga mengalami hambatan masih minimnya jaringan komunikasi dan internet untuk beberapa daerah di Sulbar. Akibatnya, mereka tidak bisa menjalin komunikasi dengan lancar melalui telepon maupun media sosial.

Setelah berjibaku dengan segala macam kendala. Akhirnya jajaran Bawaslu Sulbar berhasil merampungkan keterangan tertulis kepada MK pada Kamis (4/7/2019). "Alhamdulilah bisa melewati berbagai kendala. Sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk membacakan keterangan tertulis," urainya.

Baca juga: Bawaslu Sulteng Serahkan Dua Boks Alat Bukti ke MK

Selanjutnya diganedakan dalam sidang pemeriksaan Selasa (16/7/2019) pukul 16.30 WIB, Bawaslu Sulbar akan menyampaikan keterangan tertulis di depan majelis hakim, termohon, pemohon dan pihak terkait di MK.

Sulfan yakin, keterangan tertulis yang dibuat sudah bisa lengkap dan menjawab dalil-dalil para pemohon. Karena, ketika ada masalah saat tahapan lalu pihaknya memerintahkan jajarannya untuk  menyelesaikan persoalan secepatnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 38 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 37 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 36 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu