• English
  • Bahasa Indonesia

Susun Keterangan Tertulis, Bawaslu Sulbar Harus Naik Turun Gunung

Ketua Bawaslu Abhan saat mendampingi jajaran Bawaslu Sulbar dalam sidang sengketa proses pileg di MK, Rabu 10 Juli 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Proses Bawaslu Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menyelesaikan keterangan tertulis dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum calon DPR-DPRD di Mahkamah Konstitusi (MK) tidaklah mudah. Dia bercerita, harus menempuh waktu berjam-jam blusukan dari satu tempat ke tempat lainnya.

"Kami harus naik turun gunung untuk kumpulkan data-data hasil pengawasan selama Pemilu 2019," kata Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo di Gedung Mahkamah Konstitusi, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Bawaslu Jakarta Percaya Diri Hadapi Sidang PHPU Pileg

Kondisi geofrafis bukan menjadi kendala satu-satunya kendala. Sulfan beserta jajarannya juga mengalami hambatan masih minimnya jaringan komunikasi dan internet untuk beberapa daerah di Sulbar. Akibatnya, mereka tidak bisa menjalin komunikasi dengan lancar melalui telepon maupun media sosial.

Setelah berjibaku dengan segala macam kendala. Akhirnya jajaran Bawaslu Sulbar berhasil merampungkan keterangan tertulis kepada MK pada Kamis (4/7/2019). "Alhamdulilah bisa melewati berbagai kendala. Sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk membacakan keterangan tertulis," urainya.

Baca juga: Bawaslu Sulteng Serahkan Dua Boks Alat Bukti ke MK

Selanjutnya diganedakan dalam sidang pemeriksaan Selasa (16/7/2019) pukul 16.30 WIB, Bawaslu Sulbar akan menyampaikan keterangan tertulis di depan majelis hakim, termohon, pemohon dan pihak terkait di MK.

Sulfan yakin, keterangan tertulis yang dibuat sudah bisa lengkap dan menjawab dalil-dalil para pemohon. Karena, ketika ada masalah saat tahapan lalu pihaknya memerintahkan jajarannya untuk  menyelesaikan persoalan secepatnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu