• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Jakarta Percaya Diri Hadapi Sidang PHPU Pileg

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri (kanan) didampingi Ketua Bawaslu Abhan (tengah) saat menghadiri sidang pendahuluan sengketa hasil pileg di Gedung MK, Rabu 10 Juli 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengaku percaya diri menghadapi sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) calon anggota DPR di Mahkamah Konstitusi (MK). Jufri mengaku, bersama jajarannya sudah menyiapkan keterangan yang akan disampaikan dalam sidang pemeriksaan yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (16/7/2019) pukul 16.00 WIB.

"Keterangan sudah lengkap dan kerjakan dengan sangat teliti. Sehingga kami yakin tidak menemui hambatan," ungkapnya di Gedung MK, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Lika-liku Bawaslu NTT Kumpulkan Data Keterangan untuk Sidang MK

Jufri bercerita, pihaknya tak menemui kendala dalam menyusun keterangan tertulis. Dirinya mengungkapkan, hasil pengawasan dan data-data pelanggaran yang dicantumkan dalam keterangan tertulis sangat lengkap sehingga memudahkan proses penyusunan keterangan.

"Sejak awal sudah kami siapkan. Maka tidak ada kendala," ungkapnya.

Baca juga: Afif Jabarkan Evaluasi Masalah Pemilu 2019 di UI

Setelah mendengar keterangan pemohon, Bawaslu DKI Jakarta, katanya, tak lagi menambahkan data atau keterangan tertulis yang telah diserahkan kepada MK pada Jumat (5/7/2019) lalu. Pasalnya, tidak ada penambahan dalil yang diajukan pemohon.  "Kecuali kalau ada dalil tambahan baru akan ditambah lagi," sergahnya. 

Dalam sidang sengketa hasil pemilihan legislatif di Ruang Utama Gedung MK ini dipimpin Ketua Majelis Anwar Usman dan dua Anggota Majelis, yakni Arief Hidayat dan Enny Nurbaningsih. Majelis memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan dari pemohon dari caleh Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

Ada empat pemohon yang diterima panitera MK. Sedangkan pemohon dari caleg Partai Berkarya dan permohonan perseorangan atas nama Ahmad Iman tidak hadir tanpa keterangan.  

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 38 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 37 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 36 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu