• English
  • Bahasa Indonesia

Pilkada 2020, Bagja Prediksi Bawaslu Bakal Panen Sengketa

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (keempat dari kiri) saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penyusunan Laporan Akhir Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu 2019 didepan Bawaslu Kabupaten /Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 18 Juli 2019/Foto: Valen Wongkar-Bawaslu Bawaslu Sulut

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 harus memperhatikan kesiapan sengketa. Dia memprediksi, Bawaslu bakal ‘panen’ sengketa pada masa pencalonan.

Hal tersebut disampaikan Bagja dalam Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penyusunan Laporan Akhir Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu 2019 didepan Bawaslu Kabupaten /Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (18/07/2019).

Baca juga: Bagja: Bawaslu Sudah Inventarisir SOP Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020

Selain itu, Bagja juga mengungkapkan, tekanan relasi antara penguasa lokal ataupun politisi lokal akan lebih terlihat pada Pilkada 2020 nanti. "Ingat, Indeks Kerawanan Pilkada Tahun 2018, yang menjadi perhatian adalah relasi ketegangan antara politisi lokal ataupun pemegang kekuasaan lokal," ungkapnya.

Bagja juga mengingatkan, dugaan-dugaan ataupun potensi penggunaan aparatur sipil negara (ASN) dalam melakukan kampanye-kampanye terselubung.

"Penggunaan ASN itu pasti jadi masalah, ada dugaan bahwa ASN pasti akan digunakan oleh para petahana untuk melakukan kampanye-kampanye terselubung. Potensi itu sangat besar oleh sebab itu teman-teman harus lebih berhati-hati," urai Bagja.

Baca juga: Bawaslu Bengkulu Jelaskan Soal Delapan DPTb Tambahan di Desa Tanjung Agung

Lelaki yang juga menjabat Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini pun mengimbau, seluruh jajaran Bawaslu tingkat kabupaten/kota yang ada di provinsi Sulawesi Utara untuk lebih meningkatkan koordinasi antar sesama pimpinan Bawaslu.

"Koordinasi di antara masing-masing pimpinan itu penting ditingkatkan. Yang mungkin dulu rapat sebulan sekali sekarang coba seminggu sekali agar semakin siap menghadapi Pilkada 2020 nanti," harap Bagja.

Penulis: Rendai RuauwHumas Bawaslu Sulut

Fotografer: Valen Wongkar - Bawaslu Sulut

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Konferensi Nasional Pengawasan dan Penegakan Keadilan Pemilu
Konferensi Nasional Pengawasan dan Penegakan Keadilan Pemilu

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu