• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja: Bawaslu Sudah Inventarisir SOP Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) saat menjadi pembicara Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pemilu dan Inventarisir SOP Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Wyndham Tamansari Jivva Bali, Klungkung, Selasa 16 Juli 2019/Foto: Gung Kris - Bawaslu Bali

Klungkung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu sudah melakukan inventarisir SOP (standar operational procedure) penyelesaian sengketa menyambut perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.  Hal tersebut diungkapkan Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi pembicara kegiatan Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pemilu dan Inventarisir SOP Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Klungkung, Bali, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh Bawaslu kabupaten/kota terkait pilkada 2020. Bagja bilang, pertama soal sumber daya manusia (SDM) harus ada yang berkompeten dalam menangani proses sengketa pemilu. "Staf-staf harus terus kita bina utamanya dalam menerima permohonan sengketa dan menganalisis berkas-berkas sengketa," katanya.

Dia menambahakan, bagian kedua dari sisi anggaran yang tersedia harus mampu menunjang kegiatan penyelesaian sengketa. "Lalu ketiga, perbaikan sarana dan prasarana penunjang salah satunya kesiapan ruang sidang di masing-masing (tingkat) kabupaten/kota” ujarnya.

Baca juga: Diapresiasi, Bawaslu Akan Bagi Pengalaman ke Asia Tenggara https://bawaslu.go.id/id/berita/diapresiasi-bawaslu-akan-bagi-pengalaman...

Bagja mengingatkan, aturan sengketa pemilu berbeda dengan pilkada. Di mana, dalam pilkada tidak ada nomenklatur ajudikasi sehingga penyelesaiannya hanya sampai tahap musyawarah. "Hal ini perlu menjadi perhatian karena pada pelaksanaan pemilu, Bawaslu memiliki kewenangan untuk memutus hasil perselisihan melalui proses ajudikasi," terang lelaki kelahiran Medan, 10 Februari, 39 tahun lampau ini.

Penulis: Adit-Bawaslu Bali

Editor:Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu