• English
  • Bahasa Indonesia

Ikuti Tahapan Coklit, Abhan Imbau Pengawas Pastikan Daftar Pemilih Valid

Ketua Bawaslu Abhan melakukan tahapan coklit untuk Pilwakot Semarang 2020 di rumahnya di kawasan Kota Semarang Jawa Tengah. Foto : Humas Bawaslu Jawa Tengah

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengimbau kepada seluruh pengawas pemilu untuk memastikan kevalidan daftar pemilih pelaksanaan Pilkada 2020. Hal itu disampaikan ketika dirinya dan keluarganya didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama pengawas pemilu.

Abhan dan keluarganya melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) identitas untuk Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang Tahun 2020.

"Coklit ini penting agar bisa memastikan daftar pemilih yang akuntabel dan valid, karena setiap pemilu daftar pemilih menjadi masalah, nah agar tidak lagi bermasalah maka coklit harus benar" kata Abhan di Kelurahan Sendangmulyo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2020).

Dia meminta kepada pengawas pemilu agar dengan cermat mengawasi proses pencoklitan tersebut. Terhadap pemilih yang telah memenuhi syarat, pengawas pemilu harus memastikan terdaftar dan yang tidak memenuhi syarat tidak dimasukan ke daftar pemilih. Pasalnya, kata dia, daftar pemilih kerap menjadi masalah setiap pelaksanaan pemilu.

"Agar tidak menjadi masalah maka coklit harus serius dan peran Bawaslu RI hingga pengawas desa untuk bisa mengawasi coklit ini,” ungkapnya.

Selain itu, Abhan berharap agar KPU dapat membuka akses data Formulir Model A-KWK yang berisi daftar pemilih dalam Pilkada 2020. Hal itu guna mendapatkan kerja yang maksimal sehingga harus ada sinergitas antara penyelenggara pemilu.

“Harapan kami, KPU bisa memberikan akses seluas-luasnya terhadap data A-KWK (data pemilih). Sebab, A-KWK ini bagian dari alat kerja PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan alat kerja pengawas pemilu,” ujarnya.

Pria yang pernah mendapat penghargaan dalam buku 100 Tokoh Inspiratif Jawa Tengah itu pun mengingatkan pengawas agar memperhatikan protokol kesehatan selama melakukan pengawasan tahapan pilkada.

Sebagai informasi, Abhan didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama pengawas kelurahan menggunakan alat pelindung diri (apd) sekitar pukul 10 pagi untuk dilakukan proses pencocokan dan penelitian identitas beserta keluarganya. Dia mengikuti proses coklit itu, sekaligus demi memastikan tahapan coklit berjalan sesuai dengan ketentuan.

"KTP saya masih Semarang, alamatnya ya di sini Sendangmulyo Kecamatan Tembalang,” katanya.

Penulis : Dede
Fotografer : Bayu

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu