• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Segera Rampungkan Perbawaslu Pencalonan Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) dan Anggota Bawaslu M Afifuddin saat menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion Pemetaan Permasalahan Hukum Perbawaslu Tentang Pengawasan Tahapan Pencalonan Pilkada 2020 di Jakarta, Selasa 15 Oktober 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu segera menyelesaikan penyusunan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) tentang Pencalonan Pilkada 2020. Aturan hukum ini diharapkan bisa dikonsultasikan ke DPR bersamaan dengan konsultasi Peraturan KPU (PKPU) Pencalonan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR RI yang akan datang.

Anggota Bawaslu M Afifuddin menekankan, saat ini dalam pencalonan Pilkada 2020 sudah ada tahapan krusial meskipun PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pencalonan yang sudah uji publik masih belum disahkan DPR.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak, 204 Daerah Telah Menandatangani NPHD

"Sekarang ini target kita untuk menyandingi kalau PKPU pencalonan dibahas (DPR) maka langsung Perbawaslu pencalonan dibahas," ujarnya dalam dalam Forum Group Discussion Pemetaan Permasalahan Hukum Perbawaslu Tentang Pengawasan Tahapan Pencalonan Pilkada 2020 di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Ketua Bawaslu Abhan pun berharap hal serupa. Menurutnya, konsultasi Perbawaslu dan PKPU secara bersamaan akan menjadikan pembahasan aturan hukum tersebut lebih komprehensif.

Terlebih, lanjutnya, dalam RDP terakhir dengan DPR RI periode 2014-2019 ada masukan untuk bisa membahas bersama antara PKPU Pencalonan dengan Perbawaslu Pencalonan. Namun saat ini formasi struktur Komisi II DPR RI yang baru belum dibentuk karena baru dilantik pada 1 Oktober 2019.

"Draft PKPU pencalonan sudah diuji publik, bahan mentah itu sudah kita dapat. Maka harus siapkan kalau nanti PKPU dikonsultasikan, kita juga sudah bisa konsultasi Perbawaslu," tandasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu