• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Minta Pengawasan Kuasai Bidang Teknis dan Dokumentasi Kinerja

Plh Ketua Bawaslu Mochmad Afifuddin (batik warna coklat) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Alat Kerja Pengawasan di Sentul, Bogor, Selasa 17 September 2019/Foto: Muhtar

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu M Afifuddin mengatakan, pemilu berurusan dengan teknis lapangan dan keterampilan. Dia mengungkapkan, apa saja yang nantinya berpotensi terjadi di lapangan bila sudah menguasai ilmu teknis, maka dapat dipraktekkan setiap saat.

"Maka sejatinya praktek lapangan menjadi kunci dari apa yang bisa kita rumuskan apa yang kita temukan di lapangan," ungkapnya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Alat Kerja Pengawasan di Sentul, Bogor, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Afif: Lawan Berita Bohong dengan Narasi Berita Positif 

Afif mencontohkan, pada sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) yang membantu adalah form pengawasan. Dia meyakini, Bawaslu tidak bisa merangkum pertanyaan dari semua pihak dengan mengarang indah, melainkan berdasarkan form alat kerja pengawasan. "Itu form pengawasan yang bicara," tuturnya.

Hanya memang, lanjutnya, alat kerja pengawasan tersebut seharusnya diisi dengan adanya temuan di lapangan. "Ini termasuk kritik buat pengawas. Yang namanya alat kerja form pengawasan harus tetap diisi," ujarnya.

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Rancang Perbawaslu Tata Kerja dan Pola Hubungan 

Afif berharap, paling penting baginya bagaimana alat kerja yang nanti dipakai dalam pilkada akan lebih mudah dipahami. "Bagaimana kita dalam membuat, menurunkan alat kerja agar jajaran kita tidak kebingungan," ujarnya.

Dia menegaskan, sudah waktunya mendokumentasikan secara online. Afif berharap Bawaslu harus sudah punya kanal pelaporan setiap tahapan.

"Ini jadi penting sebagai jawaban atas proses kemarin begitu kerepotan membuka masalah yang tejadi sebelumnya," tutupnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu