• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Minta Pengawasan Kuasai Bidang Teknis dan Dokumentasi Kinerja

Plh Ketua Bawaslu Mochmad Afifuddin (batik warna coklat) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Alat Kerja Pengawasan di Sentul, Bogor, Selasa 17 September 2019/Foto: Muhtar

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu M Afifuddin mengatakan, pemilu berurusan dengan teknis lapangan dan keterampilan. Dia mengungkapkan, apa saja yang nantinya berpotensi terjadi di lapangan bila sudah menguasai ilmu teknis, maka dapat dipraktekkan setiap saat.

"Maka sejatinya praktek lapangan menjadi kunci dari apa yang bisa kita rumuskan apa yang kita temukan di lapangan," ungkapnya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Alat Kerja Pengawasan di Sentul, Bogor, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Afif: Lawan Berita Bohong dengan Narasi Berita Positif 

Afif mencontohkan, pada sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) yang membantu adalah form pengawasan. Dia meyakini, Bawaslu tidak bisa merangkum pertanyaan dari semua pihak dengan mengarang indah, melainkan berdasarkan form alat kerja pengawasan. "Itu form pengawasan yang bicara," tuturnya.

Hanya memang, lanjutnya, alat kerja pengawasan tersebut seharusnya diisi dengan adanya temuan di lapangan. "Ini termasuk kritik buat pengawas. Yang namanya alat kerja form pengawasan harus tetap diisi," ujarnya.

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Rancang Perbawaslu Tata Kerja dan Pola Hubungan 

Afif berharap, paling penting baginya bagaimana alat kerja yang nanti dipakai dalam pilkada akan lebih mudah dipahami. "Bagaimana kita dalam membuat, menurunkan alat kerja agar jajaran kita tidak kebingungan," ujarnya.

Dia menegaskan, sudah waktunya mendokumentasikan secara online. Afif berharap Bawaslu harus sudah punya kanal pelaporan setiap tahapan.

"Ini jadi penting sebagai jawaban atas proses kemarin begitu kerepotan membuka masalah yang tejadi sebelumnya," tutupnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu