• English
  • Bahasa Indonesia

Tangkal Pelanggaran dan Sengketa Proses, Totok Ajak Kaum Muda Melek Informasi Kepemiluan

Anggota Bawaslu Totok Hariyono (kiri kemeja batik warna hijau) saat saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertema 'Keterbukaan Informasi Publik dalam Mendorong Aksesitas Generasi Z yang Berperan Aktif untuk Sukses Pemilu 2024', di Bandung, Senin (27/2/2023).

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengajak generasi muda, gotong-royong bersama Bawaslu dalam mencegah pelanggaran dan sengketa proses pemilu. Salah satunya dengan melek informasi kepemiluan guna meningkatkankualitas demokrasi.

"Gotong-royong bersama Bawaslu dan generasi muda meningkatkan partisipasi dalam pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu. Untuk itu generasi muda harus melek informasi guna meningkatkan kualitas demokrasi," katanya saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertema 'Keterbukaan Informasi Publik dalam Mendorong Aksesitas Generasi Z yang Berperan Aktif untuk Sukses Pemilu 2024', di Bandung, Senin (27/2/2023).

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum Bawaslu tersebut menyebutkan, berkaca pada perhelatan Pemilu 2019 lalu, terjadi fenomena berita politik hoaks, ujaran kebencian, dan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) yang menyesatkan masyarakat dan digunakan untuk menyerang lawan politik.

"Untuk itu Bawaslu mengharapkan peran generasi muda melalui pengawasan partisipatif gotong-royong menciptakan iklim keterbukaan informasi pada Pemilu Tahun 2024," tegasnya.
Dia juga menjelaskan konsep kolaborasi gotong-royong Bawaslu dengan generasi muda salah satunya, dengan mensosialisasikan kepada generasi muda untuk aktif mencari tahu proses, tahapan dan jadwal Pemilu Tahun 2024.

Dia menambahkan, generasi muda juga diminta aktif mengecek apabila sudah memiliki hak pilih namun belum terdaftar dalam data pemilih serta melaporkan ke Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu.
"Generasi muda yang sadar terhadap haknya untuk melaporkan kepada Bawaslu jika terjadi potensi pelanggaran-pelanggaran pemilu," terangnya.

Sementara Anggota KPU Idham Holik menganggap peran pemuda terutama generasi Z sangat penting. Keterlibatan generasi muda dalam berpartisipasi akan sangat memberikan arti bagi proses penyelenggara pemilu yang berjalan dengan aman damai dan demokratis.

"Dalam ajang pemilu inilah para generasi muda harus mengambil peran, bukan hanya berdiam diri saja dan bersikap tak acuh," terangnya.

Editor: Ranap THS
Fotograr: Bawaslu Kota Bandung

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu