• English
  • Bahasa Indonesia

Persiapkan SDM Jelang Pilkada, Bagja: Anggaran Bimtek Diperbanyak

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (tengah) didampingi Anggota Bawaslu Jambi Rofiqoh Pebrianti (kanan) dan Wein Arifin (kiri) saat memberikan paparan dalam Rakor Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam Penyesuaian Kebijakan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) bagi Satuan Kerja Bawaslu Provinsi Jambi, Senin, 22 Juli 2019 malam/Foto: Dinar Safa

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum— Anggota Bawaslu Rahmat Bagja meminta Bawaslu Jambi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) mengingat akan diadakannya pemilihan kepala daerah (pilkada) di tahun 2020.

“Program ini yang selalu kami tekankan, untuk mempersiapkan Pilkada 2020. Bawaslu harus mempersiapkan SDM,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam Penyesuaian Kebijakan Kartu Kredit Pemerinth (KKP) bagi Satuan Kerja (Satker) Bawaslu Provinsi Jambi, Senin malam, (22/7/2019).

Baca juga: Pakar Hukum Dorong Bawaslu Ajukan ‘Judicial Review’ UU Pilkada 

Bagja mengatakan, anggaran bimbingan teknis (bimtek) SDM harus lebih banyak dibandingkan dengan anggaran lainnya. Hal ini menurutnya mengingat postur SDM bakal lebih banyak terkait Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru di Bawaslu.

Selain itu, dirinya mengingatkan jajaran Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten, dan kota dalam membuat program harus melalui rapat pleno, karena agar saling berhubungan antara program dan anggaran yang ada. “Perencanaan harus sesuai dengan program kerja dan anggaran. Contoh, seperti banyak yang tidak sesuai, misalnya anggaran SDM yang kurang,” papar Bagja.

Baca juga: Pembacaan Dismissal PHPU Pileg, Fritz: MK Tegas Memutus Perkara

Bagja menambahkan, pimpinan Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, jangan sampai ada yang tidak mengerti berhubungan dengan sekretariat. Dia meyakini, semua jajaran harus tau apa yang dilakukan sekretariat, sekaligus sekretariat juga harus memberitahukan tugas dan fungsinya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text