• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Matangkan SOP Sosialisasi

(kiri ke kanan) Kepala Bagian Sosialisasi Bawaslu Feisal Rachman, Ketua Bawaslu Abhan, Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, dan Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kajian SOP Bagian Sosialisasi Tahap II, di Jakarta, Senin 29 Juli 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, pengawas pemilu akan menghadapi pekerjaan yang besar yakni pilkada serentak tahun 2020 di 270 daerah. Ia berharap Standard Operating Procedure (SOP) Sosialisasi bisa dimaksimalkan menjelang pilkada serentak dalam meningkatkan pemahaman fungsi Bawaslu dan kepemiluan.

“Harus kerja keras untuk bisa menyelesaikan SOP itu. Semoga SOP itu bisa untuk kita terapkan untuk menghadapi Pilkada di Tahun 2020”, ujar Abhan saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kajian SOP Bagian Sosialisasi Tahap II, di Jakarta, Senin (29/7/2019) malam.

Baca juga: Bagja Minta Laporan Pengawasan Punya Data Valid, Menarik, dan Tajam

SOP ini, lanjutnya, bisa pula menjadi acuan bagi daerah-daerah yang tidak melaksanakan pilkada tahun depan. Abhan menegaskan, daerah yang tidak menggelar pilkada harus juga melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi yang pada targetnya adalah bagaimana peran dan tugas pengawasan pemilu bisa dipahami oleh publik.

“Kita harus mulai dari sekarang mensosialisasikan bentuk-bentuk upaya partisipasi publik dalam pengawasan,” ujarnya.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menambahkan, Bawaslu sebagai lembaga penyelengara pemilu untuk mengelola pemilu dan mendorong partisipasi masyarakat. Dirinya pun mengakui, sosialisasi menjadi bagian strategis sehingga bisa melibatkan masyarakat secara luas, di dalam proses peningkatan kualitas demokrasi di tanah air.

“Kita semua punya tujuan yang sama dan juga kita berharap kualitas sosialisasi itu sama dan sasaran sosialisasi itu tidak melenceng dari kebutuhan,” ujarnya.

Baca juga: MK Sanjung Bawaslu Bantu Persidangan PHPU Makin Lancar

Dewi mengatakan, kehadiran teman-teman Bawaslu provinsi akan memiliki arti penting dalam forum ini. FGD menurutnya akan berisi dengan pemikiran-pemikiran berkualitas berdasarkan pengalaman masing-masing provinsi dalam kegiatan sosialisasi. Pola berbagi informasi ini diakui Dewi bisa mencari bentuk capaian ataupun solusi atas kendala sehingga bisa meramu SOP secara baik.

“Sehingga bisa menghasilkan hasil yang berkualitas. SOP inilah yang nanti akan digunakan oleh seluruh bagian dan dijadikan sebagai standar dalam melakukan sosialisasi,” ungkapnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu