• English
  • Bahasa Indonesia

Empat KPU Kabupaten di Malut Dinyatakan Tak Melanggar

Suasana persidangan putusan laporan dugaan pelanggaran pemilu di empat kabupaten di provinsi Maluku Utara, Rabu 19 Juni 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawasan Pemilihan Umum - Ketua Majelis Ratna Dewi Pettalolo membacakan putusan dengan laporan dugaan pelanggaran administrasi Nomor 27/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor Abdurahham Lahaboto.

Saat membacakan putusan, Ratna mengatakan, pihak terlapor empat KPU Kabupaten di Maluku Utara (Malut), yaitu Morotai, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, dan Halmahera Tengah terbuksi secara sah dan meyakinkan tidak melakukan pelanggaran administrasi terkait pengurangan atau penambahan hasil suara.

"Tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran prosedur atau tatacara rekapitulasi perolehan hasil pemilu," sebut perempuan yang juga menjabat Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu di Ruang Sidang Bawasu, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Bawaslu Dengar Keterangan Laporan Empat KPU Kabupaten di Malut

Anggota Majelis Mochammad Afifuddin dalam pertimbangannya mengungkapkan, KPU Morotai, Halmahera Selatan, Tengah dan Utara telah melakukan sanding data pada saat rekapitulasi perolehan suara. Selain itu, keempat KPU kabupaten di Malut mengundang saksi dan Bawaslu dalam kegiatan rekapitulasi perolehan suara.

"Saksi pun menandatangani sertifikat rekapitulasi hasil perolehan suara," sebutnya.

Baca juga: Lagi, Bawaslu Perintahkan KPU Sulut Peringatkan KPU Manado

Afif menjelaskan pertimbangan majelis lainnya, yakni terlapor telah mengundang saksi peserta pemilu dan Bawaslu dalam kegiatan rekapitulasi perolehan suara dari tingkat kecamatan sampai tingkat pusat. Kemudian, majelis pun telah mencermati sanding data C1 DPR dengan data DA1 DPR.

"Tidak terjadi pengurangan dan penambahan perolehan suara," tegas Afif.

Editor: Ranap Tumpal HS

Lihat Berita Seputar Keterangan Bawaslu di Sidang MK:

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu