• English
  • Bahasa Indonesia

Diskusi bareng GP Ansor, Bagja Harap Peran Pemuda dalam Menjaga Konflik dan Perpecahan di Masyarakat pada Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) menjadi narasumber dalam diskusi virtual dengan tema Peran dan Tantangan Pemuda Ansor dalam Mewujudkan Pemilu dan Demokrasi Berkualitas, Selasa (26/4/2022),/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap pemuda dapat menjaga netralisir keadaan di masyarakat dalam tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024, terutama dari konflik ataupun perpecahan di masyarakat. 
 
"Saya pikir ke depan peran pemuda dapat menetralisir keadaan. Baik keadaan yang mendorong kita untuk berpecah dan saya berharap itu bisa dikendalikan dan diredakan oleh teman-teman pemuda dan ini fungsi dari teman-teman pemuda Ansor dan pemuda-pemuda lainnya kedepan," harapnya dalam diskusi virtual dengan tema Peran dan Tantangan Pemuda Ansor dalam Mewujudkan Pemilu dan Demokrasi Berkualitas, Selasa (26/4/2022). 
 
 
Bagja juga meminta kepada seluruh pemuda dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor terus menjaga prinsip negara kesatuan. Sebab, pemilu sebenarnya juga merupakan sebuah proses menjaga empat pilar dalam berbangsa dan bernegara.
 
"NKRI ini harta penting yang harus dijaga oleh teman-teman," tegas Magister Hukum Utrecht University itu.
 
Lebih jauh lagi, dia mengajak pemuda dan GP Ansor untuk aktif dalam mencegah penyebaran berita bohong dan politisasi sara. "Ke depan kami berpikir untuk memberdayakan fungsi pengawasan partisipatif dan memberdayakan masyarakat agar melek literasi digital," ungkapnya. 
 
 
Dalam kesempatan itu, pria kelahiran Medan, 10 Februari 1980 itu mengatakan Bawaslu sedang membahas draft Perbawaslu mengenai pengawasan tahapan Pemilu 2024 dan mempersipkan kurikulum pendidikan bagi pengawas pemilu di daerah. "Kami sedang menyusun kurikulumnya agar semua pengawas memilki kemampuan yang sama," tuturnya.
 
Sebagai informasi, webinar yang dihadiri para pemuda tersebut juga turut hadir Ketua KPU Hasyim Asy'ari.
 
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu