• English
  • Bahasa Indonesia

Diserbu Masyarakat, Antusias Calon Kader SKPP Tak Pernah Surut

Kepala Bagian Sosialisasi Bawaslu Faisal Rahman (kanan) bersama Anggota Bawaslu M. Afifuddin (kiri) dalam Desiminasi Persiapan dan Konsep SKPP Tahun 2021 di Kabupaten Tangerang Banten. Foto: Humas Bawaslu RI

Kabupaten Tangerang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Kepala Bagian Sosialisasi Bawaslu Faisal Rahman mengungkapkan antusias masyarakat untuk menjadi kader Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) sangat tinggi. Pada SKPP 2019 lalu, terdapat 1.600 orang yang mendaftar. Setelah seleksi, susut menjadi 100 orang yang mendapat bimbingan teknis (bimtek) oleh Bawaslu. Tahun ini terdapat 15 provinsi yang melaksanakan SKPP dengan jumlah peserta daring mencapai 4.780 orang.

"Minat masyarakat selalu tinggi. Ini salah satu bukti masyarakat sangat tertarik terhadap pengawasan pesta demokrasi," ungkapnya dalam Desiminasi Persiapan dan Konsep SKPP Tahun 2021 di Kabupaten Tangerang Banten, Selasa (13/10/2020).

Kata Faisal, pelaksanaan SKPP tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena berlangsung pada masa pandemik. Maka dari itu kegiatan dibagi dua gelombang. Untuk gelombang pertama berlangsung pada 5 - 19 Oktober 2020, peserta berasal dari tujuh provinsi. Sedangkan gelombang kedua mulai 20 Oktober - 3 November 2020, diikuti oleh peserta dari delapan provinsi. Kegiatan berlangsung di Bogor, Jawa Barat.

"Kami bagi gelombang karena untuk menghindari kerumunan. Semua peserta wajib mengikuti protokol kesehatan dan telah menjani rapid atau swab di daerahnya masing-masing," tuturnya.

Mantan Kepala Bagian Analisis dan Teknis Pengawasan Bawaslu Jawa Barat ini mengakui, tantangan program SKPP tahun depan tidak mudah. Tidak berorientasi jumlah peserta. Tetapi harus membentuk sekolah kader di 248 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Setelah terbentuk, sekolah tersebut harus segera beroperasi.

"Sesuai konsepnya, kader SKPP akan dilibatkan dalam banyak kegiatan Bawaslu kabupaten/kota," terangnya.

Fotografer: Hendi Purnawan
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu