• English
  • Bahasa Indonesia

Diapresiasi MK, Totok: Cambuk Bagi Bawaslu untuk Beri Keterangan Semakin Baik

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat memberikan arahan Bimbingan Teknis Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota bagi Bawaslu tahun 2024 angkatan II di Bogor, Selasa (3/9/2024)/ Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Kabupaten Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengingatkan apresiasi yang diberikan MK terhadap Bawaslu sebagai cambuk agar pemberian keterangan saat Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) semakin baik lagi. Hal tersebut dikatakannya saat memberikan arahan Bimbingan Teknis Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota bagi Bawaslu tahun 2024 angkatan II di Bogor, Selasa (3/9/2024).

"Apresiasi yang berikan MK kepada Bawaslu ini, selayaknya menjadi cambuk bagi kami semua. Untuk itu, saat PHPU nanti, kita (Bawaslu) harus lebih baik lagi," ujarnya.

Apresiasi yang diberikan MK, kata dia, jangan membuat terlena, justru harus keterangan yang diberikan harus lebih baik lagi. "Apresiasi itu jangan membuat kita euforia, terlena.  Buktikan, saat kita memberikan keterangan tertulis berpijak pada keadilan pemilu," tegasnya.

Totok menjelaskan ada tiga hal dalam memberikan keterangan tertulis. Tiga hal tersebut yakni fakta, data, dan kata.

"Fakta adalah hasil pengawasan kita yang diperkuat oleh data-data, dokumen laporan hasil pengawasan setiap tahapan. kemudian, kata yang dituangkan, serta aktualisasikan dalam pemberian keterangan tertulis," ujarnya.

Untuk itu, dia berpesan kepada Bawaslu daerah serius mengikuti bimbingan teknis yang diberikan MK tersebut. "Kami ucapkan ucapkan terima kasih kepada Mahkamah Konstitusi dan ayo bersama sama kita berjuang bersama menegakan keadilan Pemilu dalam pemilihan kepala daerah serentak," ajaknya.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu