• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Pilkada 2020, Abhan: Alumni Sekolah Kader Akan Tebar Virus Pengawasan

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan pengarahan sekaligus menutup Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua Tahun 2019 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) malam/Foto: Nurisman

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, sekolah kader pengawasan partisipatif sebagai salah satu pilot project dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) yang akan terus dilakukan Bawaslu. Menurutnya, dalam setiap gelombang bakal ada kenaikan jumlah peserta.

"Atas nama Bawaslu kami menyampaikan terima kasih atas partisipasinya. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Sekarang teman-teman dapat menebarkan virus pengawasan di daerah masing-masing. Ini adalah ikhtiar bersama untuk pemilu dan Pilkada 2020 nanti menjadi lebih baik," katanya saat menutup Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua Tahun 2019 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) malam.

Baca juga: Abhan: Pascapendidikan, Peserta Sekolah Kader Awasi Pilkada 2020 

Abhan menjelaskan, tugas dalam mengawasi pemilu merupakan pekerjaan berat. Menurutnya, pengawasan pemilu merupakan kontestasi perubahan kekuasaan, di mana ada potensi untuk menghalalkan segala cara. Karenanya, dia mengaku perlunya partisipasi dari masyarakat serta voluntary pengawasan partisipatif.

"Sekolah kader pengawasan partisipatif ini mengajarkan bagaimana merajut kesatuan dan persatuan. Dari Sabang sampai Merauke sebagai energi untuk lebih dalam mengetahui seluk beluk pemilu," ujarnya.

Baca juga: Dewi: Bawaslu Perlu Lakukan Riset Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu 

Dia menambahkan, sekolah kader merupakan kegiatan penting lantaran Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan. Akibatnya, perlu pelibatan peran masyarakat.

"Ilmu yang diperoleh dari sekolah kader bisa jadi acuan untuk berimprovisasi dan berpartisipasi pada pilkada di daerah masing-masing. Selamat untuk teman-teman yang terpilih,"ungkapnya. 

Usai memberikan pengarahan, sekitar 100 orang peserta yang berasal dari seluruh provinsi se Indonesia selama dua pecan mendapat pembekalakan lantas berfoto bersama para pimpinan Bawaslu yang hadir seperti Fritz Edward Siregar.                  

Editor: Ranap THS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 29 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 28 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 22 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu