• English
  • Bahasa Indonesia

Arah baru Kebijakan Penanganan Pelanggaran, Puadi Minta Mudah Dipahami Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Puadi berfoto bersama dengan peserta kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Selasa, (9/8/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Arah baru kebijakan penanganan pelanggaran yang mengedepankan pencegahan, menjadi fokus Bawaslu jelang Pemilu Serentak 2024. Terkait itu, Anggota Bawaslu Puadi meminta arah kebijakan tersebut dapat dipahami dan dinternalisasi ke seluruh jajaran pengawas. Hal tersebut dia sampaikan saat membuka kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Selasa, (9/8/2022).

"Ini menjadi penting, agar para pengawas pemilu juga dapat meresapi dan mengimplementasikan semangat Bawaslu dalam mewujudkan keadilan pemilu," ujar Puadi.

Puadi menegaskan, pembinaan terhadap jajaran yang bertugas melakukan penanganan pelanggaran, harus dilakukan secara periodik dan berjenjang. Termasuk, dia menambahkan, termasuk memahami substansi perubahan perbawaslu penanganan pelanggaran yang saat ini sedang dibahas.

Adapun rancangan perbawaslu yang dimaksud yakni, Rancangan Perbawaslu Penanganan Temuan dan Laporan, Rancangan Perbawaslu Pelanggaran Administrasi Pemilu, dan Rancangan Perbawaslu Sentra Gakkumdu.

"Agar terhadap substansi perubahan perbawaslu tersebut, dapat diberikan masukan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Puadi turut menyaksikan penandatanganan perjanjian kerahasiaan akun untuk akses SIPOL oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se DKI Jakarta.

Editor: Rama Agusta
Penulis: Sulastio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu