• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Minta Kode Perilaku Aparatur Pengawas Pemilu Selesai Tahun Ini

Ketua Bawaslu Abhan saat menjadi pembicara Rapat Peningkatan Kapasitas Dalam Kode Perilaku Bagi Aparatur Pengawas Pemilu di Denpasar, Bali, Rabu (10/12/2019) malam/Foto: Hendi Purnawan

Denpasar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta Kode Perilaku Aparatur Pengawas Pemilu bisa selesai pada akhir tahun ini. Menurutnya, mulai awal 2020 kode perilaku tersebut bisa segera diterapkan dan dipatuhi oleh jajaran Bawaslu seluruh Indonesia.

"Meskipun tahun 2019 hanya menyisakan beberapa pekan lagi, semoga kode perilaku bisa selesai. Susunan draf sudah ada dan sedikit lagi akan disempurnakan," katanya saat membuka Rapat Peningkatan Kapasitas Dalam Kode Perilaku Bagi Aparatur Pengawas Pemilu di Denpasar, Bali, Rabu (10/12/2019) malam.

Abhan menambahkan, kode perilaku tidak perlu memuat aturan yang tidak penting. Dia meminta kode etik tersebut sebaiknya bisa mengatur hal-hal yang bisa mengurangi potensi jajaran Bawaslu melanggar kode etik. "Sehingga membuat jajaran Bawaslu akan berpikir berkali-kali jika ingin melakukan perbuatan yang bisa diberi sanksi oleh DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu)," tuturnya.

"Buatlah aturan main yang jelas dan bagus karena kode perilaku menjadi salah satu acuan bagi peningkatan kinerja pengawas pemilu," tambah Abhan.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu ini berharap, ke depan tidak ada lagi jajaran Bawaslu yang melanggar kode etik seperti di Grobogan, Jawa Tengah dan Ngawi, Jawa Timur. Keduanya diberhentikan dengan tidak hormat oleh DKPP pada pekan lalu.

"Meskipun urusan pribadi, tetapi mencoreng nama Bawaslu. Belajar dari kasus dua ini saya kira kita harus bisa melakukan pola pembinaan dan mengatur pola perilaku agar tidak terulang kembali," ungkap dia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu