• English
  • Bahasa Indonesia

Tak Gelar Pilkada, Bawaslu Daerah Tetap Kerja Jalankan Sosialisasi

Ketua Bawaslu Abhan (ketiga dari kiri) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Training of Trainer bagi Bawaslu Kabupaten/Kota dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Panwascam dalam Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, Rabu (22/1/2020) di Palembang/Foto: Pratiwi Eka Putri

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menegaskan, jajaran Bawaslu di daerah yang tidak menggelar Pilkada Serentak 2020 juga tetap bekerja dan menjalankan program-program sosialisasi.

“Banyak masyarakat yang bertanya apa kerja Bawaslu jika tidak ada pemilu ata pemilihan (pilkada). Ada atau tidak ada pemilihan, Bawaslu terus ekstra bekerja dalam mengawal demokrasi,” ujarnya di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (22/1/2019).

Abhan menjelaskan, jajaran Bawaslu di daerah yang tak menggelar pilkada mengawal demokrasi dengan menjalankan program-program sosialisasi untuk persiapan pemilu maupun pilkada mendatang. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk pendidikan politik kepada masyarakat.

“Bawaslu memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Di daerah yang tidak ada pemilihan bisa menjadi kesempatan lebih fokus upaya pencerdasan masyarakat. Misalnya sosialisasi mengenai regulasi, pendidikan antipolitik uang, dan pendidikan pengawasan partisipatif,” jelasnya.

Jadi, sambungnya, meski tidak ada pemilihan, bukan berarti tidak ada pekerjaan. Banyak tantangan yang juga harus dihadapi. “Hanya saja jajaran pengawas daerah yang ada pemilihan, pekerjaannya lebih banyak,” tuturnya.

Di lain sisi, Abhan juga bertekad hal tersebut guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap Bawaslu. “Ini yang selalu kita bangun. Dengan integritas sebagai pengawas, Bawaslu akan selalu menjadi harapan masyarakat bagi perwujudan demokrasi," tutup dia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu