• English
  • Bahasa Indonesia

Samakan Persepsi, Bagja Usulkan Bawaslu Daerah MoU dengan PTUN

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Desain Perbawaslu Penyelesaian Sengketa Pemilu di Bandung, Kamis 10 Oktober 2019/Foto: Rama Agusta

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Guna menyamakan persepsi penanganan sengketa pemilu, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengusulkan Bawaslu daerah menjalin kerja sama lewat pembuatan nota kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pengadilan Tata Usaha Negaara (PTUN).

Hal itu disampaikannya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Desain Perbawaslu Penyelesaian Sengketa Pemilu di Bandung, Kamis (10/10/2019).

Kepada sebelas koordinator divisi sengketa Bawaslu tingkat provinsi yang hadir, Bagja mengaku, Bawaslu pernah ditegur oleh salah satu hakim Mahkamah Agung di Kamar TUN yang mengeluhkan, PTUN kerap kesulitan membaca putusan Bawaslu yang digugat ke PTUN.

Bagja mencontohkan kesulitan itu misalnya, alat bukti yang disampaikan dalam putusan Bawaslu dinilai tidak jelas. Dirinya menganggap hal ini penting lantaran .asih ada perbedaaan persepsi dalam mengadili sengketa proses pemilu antara Bawaslu dan PTUN.

"Jadi sering sekali Bawaslu daerah tidak sinkron membuat pertimbangan hukum dengan amar putusan yang membuat bingung Hakim TUN," terangnya.

Oleh karena itu, Bagja mengusulkan agar dijalin kerja sama berbentuk penandatanganan MoU kedua lembaga dalam memperkuat kesamaan persepsi mengenai tahapan pemilu berikut putusan hasil sengketa proses pemilu di Bawaslu yang terkadang sering diajukan pihak yang belum puas ke PTUN.

"Tukar informasi ini baru bisa optimal kalau ada pelatihan bersama," ungkapnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu