• English
  • Bahasa Indonesia

Samakan Persepsi, Bagja Usulkan Bawaslu Daerah MoU dengan PTUN

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Desain Perbawaslu Penyelesaian Sengketa Pemilu di Bandung, Kamis 10 Oktober 2019/Foto: Rama Agusta

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Guna menyamakan persepsi penanganan sengketa pemilu, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengusulkan Bawaslu daerah menjalin kerja sama lewat pembuatan nota kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pengadilan Tata Usaha Negaara (PTUN).

Hal itu disampaikannya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Desain Perbawaslu Penyelesaian Sengketa Pemilu di Bandung, Kamis (10/10/2019).

Kepada sebelas koordinator divisi sengketa Bawaslu tingkat provinsi yang hadir, Bagja mengaku, Bawaslu pernah ditegur oleh salah satu hakim Mahkamah Agung di Kamar TUN yang mengeluhkan, PTUN kerap kesulitan membaca putusan Bawaslu yang digugat ke PTUN.

Bagja mencontohkan kesulitan itu misalnya, alat bukti yang disampaikan dalam putusan Bawaslu dinilai tidak jelas. Dirinya menganggap hal ini penting lantaran .asih ada perbedaaan persepsi dalam mengadili sengketa proses pemilu antara Bawaslu dan PTUN.

"Jadi sering sekali Bawaslu daerah tidak sinkron membuat pertimbangan hukum dengan amar putusan yang membuat bingung Hakim TUN," terangnya.

Oleh karena itu, Bagja mengusulkan agar dijalin kerja sama berbentuk penandatanganan MoU kedua lembaga dalam memperkuat kesamaan persepsi mengenai tahapan pemilu berikut putusan hasil sengketa proses pemilu di Bawaslu yang terkadang sering diajukan pihak yang belum puas ke PTUN.

"Tukar informasi ini baru bisa optimal kalau ada pelatihan bersama," ungkapnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu