• English
  • Bahasa Indonesia

Rakornas Evaluasi Hasil Pengawasan, Tak Hanya Prokes Masalah Klasik Masih Terjadi

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin memberikan arahan dalam Rakornas Evaluasi Hasil Pengawasan Pilkada 2020 di Malang, Jawa Timur, Minggu (20/12/2020)/foto: Robi Ardianto (Humas Bawaslu).
Kota Malang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Pengawasan Pilkada 2020. Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengungkapkan permasalahan pilkada di masa pandemik Covid-19 tidak hanya terjadi soal pelanggaran protokol kesehatan saja (prokes), namun masalah klasik tetap saja masih terjadi.
 
Dia menyebutkan beberapa masalah klasik itu misalnya soal daftar pemilih tetap (dpt) tidak ditempel, surat suara kurang, penggunaan hak pilih orang lain masih terjadi.
 
"Permasalahan klasik selalu saja terjadi meskipun ada wabah dan tidak ada wabah terjadi terus. Pokoknya kejadian yang terjadi diluar masa wabah juga terjadi dan juga banyak," kata Afif dalam sambutannya saat Rakornas Evaluasi Hasil Pengawasan di Malang, Jawa Timur, Minggu (20/12/2020). 
 
Selain itu, ungkap Afif ada juga perbedaan tingkat pemahaman dan kemandirian dari penyelenggara atau panitia pemungutan suara (PPS). 
 
Berdasarkan data hasil pengawasan Bawaslu, permasalahan klasik yang terjadi di TPS yaitu DPT tidak dipasang sebanyak 2.495 TPS, informasi tentang daftar paslon tidak di pasang sebanyak 3.504 TPS. Lalu terdapat surat suara tertukar sebanyak 2.135 TPS, dan surat suara kurang sebanyak 4.007 TPS.
 
Selanjutnya TPS dibuka lewat pukul 07.00 sebanyak 10.938 TPS, perlengakapan pemungutan kurang sebanyak 3.074 TPS, dan saksi mengenakan atribut paslon sebanyak 2.533 TPS. 
 
"TPS yang buka lewat dari jam 7 pagi waktu setempat lebih dari 10 ribu, jumlah yang besar itu terjadi dari tahun ke tahun," tegasnya.
 
Editor: Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu