• English
  • Bahasa Indonesia

Putusan MK, Dewi: Penguatan Bawaslu Memutus Sengketa Proses Pemilu

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjelaskan penguatan kekuasaan memutus sengketa proses pemilu pasca putusan MK dalam perselisihan pilpres kepada jajaran Bawaslu se-Sulawesi Tengah, Jumat 5 Juli 2019/Foto: Abdul Hamid

Palu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyatakan, dalam total 1.994 halaman hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) terkait pemilihan presiden (pilpres) keterangan Bawaslu disebutkan di 1.894 halaman.

Hal ini disampaikan Dewi dalam arahannya dalam Rapat Kerja Teknis Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2019 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah. Dirinya didampingi jajaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah di Palu Jumat (5/6/2019).

"Hampir sebagian besar putusan MK didasarkan pada putusan Bawaslu baik yang ada di kabupaten, provinsi maupun di pusat. Terutama berkaitan dengan putusan administrasi," ungkapnya.

Baca juga: Dewi: Kepercayaan Publik Kepada Bawaslu Meningkat

Atas hal tersebut, Dewi melihat adanya penguatan kekuasaan memutus berkaitan dengan proses pemilu. Menurutnya, terkait proses persidangan, Majelis MK kerap tidak lagi mempertimbangkan beberapa pokok permohonan dan kesaksian yang dilakukan di persidangan MK.

"Saya lihat MK lebih mempertimbangkan proses yang sudah dilakukan di Bawaslu dan bagaimana putusan yang sudah dikeluarkan Bawaslu," tambah Dewi.

Baca juga: Bawaslu Bakal Bumikan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

Menurut Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu ini, eksistensi hukum Bawaslu semakin terlihat kuat. Dia bilang, peran Bawaslu tak lagi sekadar dibunyikan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, tetapi sudah terlihat nyata dengan adanya pengakuan dari MK.  

Dirinya berharap peristiwa-peristiwa yang terjadi di Pemilu 2019 akan semakin memudahkan Bawaslu dalam setiap yang telah dilakukan guna membentuk Mahkamah Pemilu di Indonesia. Baginya, proses pemilu adalah keinginan atau pilihan dan rakyat.

"Karena proses Pemilu ini bisa melalui proses yang jujur dan adil. Itu impian kita ke depan," ucap Dewi.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu