• English
  • Bahasa Indonesia

Puadi Jabarkan PemIlu Damai Berbasis Budaya dalam Forum GNEJ

Anggota Bawaslu Puadi (depan kiri) saat memberikan sambutan dalam forum Global Network on Electoral Justice (GNEJ) Scientific Committee Meeting di Bandung, Rabu (6/12/2023).

Puadi Jabarkan PemIlu Damai Berbasis Budaya dalam Forum GNEJ

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Puadi mengatakan dalam konsep budaya pemilu yang harmonis, nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia dijadikan instrumen positif untuk mewujudkan pemilu yang damai dan harmonis. Sebab menurutnya Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan berbagai budaya, agama, dan suku yang bersatu untuk mencapai stabilitas politik demi tujuan nasional, kemajuan masyarakat, dan kesejahteraan.

"Bawaslu berupaya mendesain ulang sistem pemilu berbasis budaya, yang bertujuan untuk mewujudkan pemilu harmonis, pemilu berbasis budaya," dalam forum Global Network on Electoral Justice (GNEJ) Scientific Committee Meeting di Bandung, Rabu (6/12/2023).

Dikatakan Puadi, dalam konsep budaya pemilu harmonis terdapat beberapa faktor. Di antaranya, lanjut dia, mendorong dialog yang terbuka dan konstruktif antara kandidat, partai politik, dan masyarakat untuk memperkaya saling pengertian dan mengurangi ketegangan politik.

Selain itu, Puadi menambahkan, perlu menjamin partisipasi seluruh lapisan masyarakat tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama, gender, atau status sosial. Caranya, kata Puadi, dengan nenekankan pentingnya pendidikan pemilih untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak, tugas, dan perannya dalam proses demokrasi.

"Bawaslu berharap setiap individu bisa menghargai keberagaman pendapat. Mendorong rasa hormat terhadap perbedaan pendapat dan pemahaman bahwa keberagaman politik merupakan bagian integral dari demokrasi," ungkapnya.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu ini menuturkan, Bawaslu ingin menciptakan lingkungan demokratis yang menekankan kerja sama, saling menghormati, dan partisipasi aktif dalam proses pemilu, dengan tujuan utama mencapai keputusan politik yang adil dan damai yang mencerminkan keinginan rakyat.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu