• English
  • Bahasa Indonesia

KPU Puncak Jaya Diminta Perbaiki DAA1 di Kampung Muliagambut

Ketua Majelis Abhan (kanan) membacakan putusan atas laporan yang dibuat caleg DPRD Papua dari Partai Hanura di Ruang Sidang Bawaslu, Senin 24 Juni 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu memutuskan terjadi pelanggaran administratif pemilihan legislatif (pileg) di Kampung Mulia Gambut. Dalam hal ini, Majelis Sidang memerintahkan pihak terlapor KPU Provinsi Papua dan KPU Kabupaten Puncak Jaya agar memperbaiki formulir DAA1 (rekapitulasi tingkat kelurahan/desa).

Laporan ini Nomor 36/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan  pelapor Kenius Kogoya, calon legislatif (caleg) DPRD Papua dari Partai Hanura. "Menyatakan KPU Kabupaten Puncak Jaya dan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mulia terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administratif Pemilu," ucap Ketua Majelis Abhan di Ruang Sidang Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Baca sidang sebelumnya:

 

Dalam pembacaan putusan, Abhan menegaskan, Bawaslu memerintahkan PPD Mulia untuk melakukan perbaikan formulir DAA1 (rekapitulasi tingkat kelurahan/desa)  dan formulir DA1 (rekapitulasi tingkat kecamatan) berdasarkan formulir model C1-Plano suara DPRP Propinsi di TPS 1,2,3, dan 4 Kampung Muliagambut sepanjang berkaitan dengan Partai Hanura. Selanjutnya, KPU Kabupaten Puncak Jaya melakukan pembetulan dari hasil perbaikan tersebut.

Dalam perkara ini, pihak Kenius melaporkan KPU Papua, KPU Puncak Jaya, PPD Yamoneri, PPD Nioga, dan PPD Mulia. Bawaslu menimbang adanya selisih perolehan suara pelapor dalam salinan C1 seluruh TPS di Kampung Muliagambut dengan salinan DA1 Distrik Mulia. Namun, terbukti pihak KPU Puncak Jaya terbukti tidak menindaklanjuti keberatan saksi Partai Hanura yang ditetapkan menjadi pelanggaran adminisitratif dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu.

Atas pelanggaran yang dilakukan kedua penyelenggara pemilu tersebut, Bawaslu juga menegaskan KPU Papua memberikan teguran tertulis kepada KPU Puncak Jaya dan PPD Mulia.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu