• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Peluncuran, Bagja Harap SIPS Bisa Jawab Kebutuhan Publik

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi pembicara pembukaan acara FGD Analisis Konten dan Konsep Launching SIPS di Jakarta, Selasa 10 Desember 2019/Foto: Rama Agusta

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja memberikan beberapa masukan jelang peluncuran Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS). Dia berharap, SIPS dapat memenuhi kebutuhan publik tentang proses penyelesaian sengketa dari awal mengajukan permohonan hingga putusan.

Selain itu, Bagja menegaskan, SIPS nantinya bisa menjawab tuntutan soal keterbukaan informasi terkait kewenangan Bawaslu yang dalam menangani sengketa proses. "(Penanganan) berjalan secara terbuka dari awal hingga akhir sehingga menghindari salah sangka publik akan keterbukaan informasi penyelesaian sengketa," sebutnya saat menjadi pembicara pembukaan acara FGD Analisis Konten dan Konsep Launching SIPS di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dia pun meminta aplikasi SIPS didaftarkan di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) melalui portal layanan publik nasional. Bagja menyarankan panitia yang bertugas mengurus peluncuran SIPS bisa menjalin koordinasi dengan banyak pihak, semisal Bawaslu provinsi, masyarakat, dan kalangan advokat.

Mengapa kalangan advokat dianggap penting untuk diajak dalam pembahasan? Bagja menjelaskan, para advokat adalah pihak ketiga yang sering dijadikan pihak yang bersengketa untuk mengajukan pemohon sengketa.

"Perlu juga kita beri penjelasan kepada lawyer (advokat). Apakah misalnya proses permohonan sengketa itu alat buktinya nanti dapat di-scan atau seperti apa?," ungkap Bagja.

Selain itu, dia mengusulkan agar saat 'launching'pada 17 Desember mendatang, SIPS tidak saja terfokus kepada informasi penyelesaian sengketa pemilu, melainkan juga mengakomodir informasi serupa terkait Pilkada Serentak 2020.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu