• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Minta Pengawas Pemilu Jaga Semangat Pancasila Hadirkan Keadilan Pemilu dan Pemilihan

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat membuka Rapat Evaluasi Pengawasan Rekrutmen Badan Penyelenggara Ad hoc yang dihadiri Bawaslu Provinsi di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2024).

Ende, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengingatkan para pengawas pemilu menjaga semangat filosofi semangat Pancasila dalam menghadirkan keadilan pemilu dan pemilihan (pilkada) . Hal tersebut dia ungkapkan saat membuka Rapat Evaluasi Pengawasan Rekrutmen Badan Penyelenggara Ad hoc yang dihadiri Bawaslu Provinsi di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2024).

Herwyn menjelaskan, pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya mengedepankan filosofi dari lima sila pada Pancasila. "Tugas kita untuk melakukan evaluasi, apa yang telah kita lakukan, termasuk apa yang akan kita lakukan? Kita disatukan dalam satu bangsa dalam satu perspektif negara. Kita, punya tugas masing-madibg, punya spiritual (kepercayaan) masing- masing sesuai sila pertama, " tuturnya.

Herwyn menambahkan, perlu memaknai sila kedua, yakni kemanusiaan yang adil beradab dengan mengartikan pengawas pemilu memberikan hak dan kewajiban yang sama dalam bernegara seperti hak memilih dan dipilih. "Termasuk dalam hal seleksi penyelenggara pemilu hingga tingkat ad hoc (sementara), " ungkapnya.

Memakanai sila ketiga, dalam pemilu dan pemilihan (pilkada), lanjutnya, dengan menjaga semangat persaudaraan dan persatuan. "Pasti ada permasalahan sekaligus perbedaan ternasuk dari berbagai latar belakang untuk tetap menjunjung persatuan Indonesia, " ucap ayah dua anak ini.

Herwyn menambahkan, dalam memaknai sila keempat dipahami sebagai dasar landasan (berdemokrasi), :termasuk dalam mengambil keputusan. "Meskipun kita cenderung berkontestasi atau voting, tetap kita memerhatikan musyawarah sebagai sarana awal dalam pengambilan keputusan, " sebutnya.

Herwyn mengungkapkan, memaknai kemanusiaan yang adil beradab dengan mewujudkan pemilu yang berkeadilan dan beradab. "Kita berusaha mewujudkan keadilan sosial dengan melindungi hak memilih dan dipilih sehingga jangan sampai jual beli suara berlangsung, " akunya.

Dia meminta peserta yang merupakan anggota Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia menjaga kualitas kerja dengan semangat Pancasila. "Temasuk pula dalam proses seleksi pengawas ad hoc ini, kita akan membuat catatan tantangannya seperti apa?, " sebutnya.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu