• English
  • Bahasa Indonesia

Gunawan Ajak CPNS Lanjutkan Pendidikan dan Bekerja Tanpa Korupsi

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat memberikan sambutan dalam upacara Apel Persiapan Presidential Lecture di Halaman Parkir Bawaslu, Selasa 23 Juli 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengajak calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk melanjutkan pendidikan. Dia menginginkan, setiap PNS di Bawaslu berlomba-lomba dalam belajar.

"Bagi yang D3, lanjutkan ke S1. Dari S1, lanjutkan ke S2 sampai S3," katanya saat memimpin Apel Persiapan Presidential Lecture di Halaman Parkir Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Sekjen Bawaslu Akui CPNS Turut Sukseskan Pemilu 2019 

Bagi Gunawan, CPNS dan PNS harus terus belajar sekaligus tak cepat berpuas diri. Harapannya, PNS di Bawaslu menyandang gelar magister dan doktor.

Dirinya pun mencontohkan dirinya yang tahun ini telah merampungkan S3. Perlu diketahui, Gunawan pun telah menerbitkan beberapa buku tentang pemilu ini telah menyelesaikan pendidikan program doktoral dari Universitas Padjadjaran. "Kalau bisa, susul saya. Ini sebagai tantangan. Susul saya S3," ucapnya.

Selain itu, Gunawan mengharapkan ada CPNS/PNS di Bawaslu memiliki ide-ide kreatif atau inovasi teknologi. Dia bilang, ke depan pelayanan akan menggunakan pemanfaatan teknologi informasi. Sehingga, di masa mendatang menurutnya birokrasi berbasis teknologi informasi menjadi penting.

Dia melanjutkan, tantangan birokrasi di masa depan adalah keharusan kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan. Gunawan menerangkan, pondasi awal kreatifitas itu berasal dari ide-ide untuk memberikan pelayanan cepat. "Kenapa memilih narsum (narasumber) dari Korea? Karena mereka mampu mendoktrin PNS yang dahulunya malas-malasan menjadi pegawai energik untuk melayani," ujar menjelaskan acara Presidential Lecture 2019 Bagi CPNS Hasil Seleksi Tahun 2018, Rabu (24/7/2019) bakal mendengarkan narasumber dari Korea Selatan.

Baca juga: Bawaslu Raih Penghargaan Satker Terbaik dari KPPN Kemenkeu 

Terakhir, sebagai Sekjen Bawaslu dirinya mengingatkan agar CPNS sejak awal menolak tindak pidana korupsi. Dia berharap, CPNS bisa membersihkan hati, pikiran, dan tak ada niat sedikit pun melakukan atau terlibat tindak pidana korupsi.

Gunawan menunjuk di negara maju lantaran tak mengenal kata korupsi. Sebagai orang yang percaya Tuhan, Gunawan mengingatkan, rezeki manusia sudah diatur, sehingga menjadi pegawai Bawaslu tingal bekerja keras. "Tutup mata dan telinga untuk korupsi, jangan pernah punya niat untuk korupsi," tegasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu