• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu Akui CPNS Turut Sukseskan Pemilu 2019

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro berfoto bersama dengan jajaran CPNS Bawaslu usai Apel Persiapan Presidential Lecture di Halaman Parkir Bawaslu, Selasa 23 Juli 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengucapkan terima kasih kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS). Menurutnya, CPNS tahun 2018 yang diangkat pada Februari 2018 telah ikut serta dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

"CPNS di Bawaslu telah ikut menyukseskan Pemilu 2019 dengan lancar," sebutnya dalam Apel Persiapan Presidential Lecture di Halaman Parkir Bawaslu, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Bawaslu Raih Penghargaan Satker Terbaik dari KPPN Kemenkeu

Keterlibatan CPNS dalam Pemilu 2019 menurutnya dibuktikan dari laporan dan hasil monitoring. Dia mencontohkan, kerja-kerja CPNS yang ikut mengawasi pemilu dengan situasi yang sulit seperti naik kapal dalam mengawasi kotak suara di daerah kepulauan. "Ada yang naik perahu dalam mengawasi kotak suara. Itu buktinya anak-anak (CPNS) telah bekerja mengawal surat suara dan mengawasi Pemilu 2019," ujar Gunawan.

Informasi pengawasan pemilu oleh CPNS pun diakuinya turut diawasi dalam beberapa media seperti media sosial. "Ada beberapa yang bisa saya monitor," sebutnya.

Gunawan menyampaikan tujuan kegiatan Presidential Lecture yang dilaksanakan di Istora Senayan, Rabu (24/7/2019). Dia menjelaskan, Presiden Indonesia sebagai Kepala Pemerintahan sekaligus Kepala Negara ingin menyampaikan kepada CPNS untuk memahami dengan jelas visi pemerintahan 2019-2024. Baginya, CPNS adalah kader demokrasi, bangsa, pembangunan harus memahami visi dan misi Presiden Joko Widodo.

Sehingga, antara presiden dan CPNS memiliki visi yang sama untuk pembangunan lima tahun mendatang. "Beliau (presiden) menginginkan CPNS sebagai kader bangsa, bisa tahu persis apa yang dicita-citakan untuk lima tahun kedepan," ujarnya.

Baca juga: Tangani Perkara Perindo di Jember, MK Gunakan Data Bawaslu 

Gunawan pun meyakini, CPNS sekarang akan menjadi pejabat publik untuk mas 10 sampai 20 tahun mendatang. Oleh sebab itu, dia mengerti tujuan kegiatan Presidential Lecture guna mengajak CPNS dari nol untuk mendengarkan, melihat, lalu memahami visi misi pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi.

"Dulu, masa saya CPNS, tidak ada pertemuan antara Presiden dengan CPNS dengan tujuan memahami visi pemerintahan," ungkap Gunawan.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu