• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ajak Mahasiswa Unhas Berpatisipasi Awasi Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menjadi narasumber dalam seminar nasional di Universitas Hasanuddin Makassar di Sulawesi Selatan, Selasa (4/2/2020). Foto : Bhakti Satrio

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengajak mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk berpartisipasi mengawasi gelaran Pilkada 2020. Menurutnya, aktivitas mengawasi pemilu hakikatnya adalah tugas semua warga bangsa termasuk civitas akademika.

Fritz mengibaratkan pemilu selayaknya peperangan. Hanya saja, bukan zamannya lagi masyarakat berjuang dengan senjata. Dia mengatakan, saat ini perjuangan yang dilakukan adalah untuk menegakkan kebenaran, berpatisipasi dalam proses penegakan hukum pemilu, menjadi pelapor, dan menjadi bagian dari proses menegakkan keadilan demokrasi.

Fritz mengungkapkan, elemen-elemen masyarakat Indonesia yang kompleks menjadi nilai penting mengapa pengawasan dari masyarakat diperlukan.

"Konteks masyarakat kita sering digunakan untuk bagaimana memenangkan pemilihan. Sehingga kita melupakan apa esensi dari demokrasi itu sendiri," ujar Fritz saat menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional Mewujudkan Pilkada 2020 yang Berintegritas di Aula Prof. Syukur Abdullah, Universitas Hasanuddin Sulawesi Selatan, Selasa (4/2/2020).

Akademisi STH Indonesia Jentera itu menegaskan, partisipasi masyarakat dalam mengawasi pilkada sangat diperlukan. Pasalnya, hampir seluruh wilayah tanah air menggelar pesta demokrasi dengan rincian 270 daerah yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

"Kita harus mengajak kawan-kawan berpartisipasi untuk ikut mengawasi, bisa menjadi pengawas TPS, desa, atau menjadi KPPS. Serta menjadi bagian proses pemilu. Kita sering mengatakan bahwa jangan menjadi penonton, dan inilah saatnya kawan-kawan untuk tidak menjadi penonton dan ikut serta dalam proses," pungkas Fritz.

Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu