• English
  • Bahasa Indonesia

Entry Meeting LKKL 2019, Bawaslu Siap Diaudit BPK

Ketua Bawaslu Abhan menerima dokumen tim pemeriksaan laporan keuangan Bawaslu dari Anggota BPK Hendra Susanto di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Foto : Hendi Purnawan
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menyatakan kesiapannya untuk diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Abhan usai acara Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL) di Lingkungan Auditoriat Utama Keuangan Negara (AKN) I, di Gedung BPK, Jumat (31/1/2020).
 
"Sebagai salah satu lembaga negara, Bawaslu sangat siap untuk diaudit oleh BPK," tegasnya.
 
Abhan meminta kepada seluruh jajaran Bawaslu untuk menyiapkan berbagai dokumen atau berkas yang nantinya dibutuhkan oleh auditor BPK. Kelengkapan dokumen merupakan salah satu proses penting dalam audit. Selain itu, hal ini supaya auditor mudah dalam menjalankan tugasnya. 
 
"Dokumen sudah kami siapkan sejak beberapa waktu terakhir. Kami harap prosesnya lancar dan tidak menemui kendala," ungkap lulusan Magister Hukum Universitas Sultan Agung Semarang (Unissula) itu.
 
Menurut Abhan, opini Wajar Tanpa Pengetahuan (WTP) dari BPK sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Paska Pemilu 2019, Bawaslu mendapat perhatian dari masyarakat karena berhasil mengawasi pemilu dengan baik. Hasilnya, tahun lalu, Bawaslu kembali meraih WTP ke empat kali berturut-turut. 
 
"Mudah-mudahan Bawaslu bisa meraih WTP yang kelima kali berturut-turut. Kami akan bekerja keras untuk meraih itu," terangnya. 
 
Di tempat yang sama, Anggota BPK Hendra Susanto menuturkan, Entry Meeting didasari oleh Undang-Undang (UU) Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan UU Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK.
 
Editor : Jaa Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu