• English
  • Bahasa Indonesia

Dikunjungi Mahasiswa UI, Bagja Jelaskan Tupoksi Bawaslu

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (tengah) saat menerima kunjungan mahasiswa Universitas Indonesia Fakultas Hukum Kelas Internasional angkatan 2018 di lantai empat Gedung Bawaslu, Rabu 6 November 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu dikunjungi puluhan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fakultas Hukum Kelas Internasional Angkatan 2018. Anggota Bawaslu Rahmat Bagja pun menjelaskan tugas pokok dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi tahapan pemilu.

Di depan mahasiwa yang mengenakan jaket kuning, Bagja mengungkapkan kerja Bawaslu, mulai dari pengawasan, pencegahan, penanganan pelanggaran, hingga penyelesaian sengketa pemilu. Hal ini menurutnya seperti yang tercantum dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Bawaslu bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu. Diantaranya, pemutakhiran data pemilih, penetapan peserta pemilu, dan mengawasi netralitas aparatur sipil negara, tentara, dan kepolisian,” sebutnya saat audiensi berlangsung di lantai empat Gedung Bawaslu, Rabu (6/11/2019).

Dalam melakukan pengawasan, lanjutnya, Bawaslu memiliki struktur di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sebanyak 21.603 pengawas tersebar di 7.094 kecamatan, 83.436 anggota di 83.436 desa dan satu orang setiap 806 ribu di TPS.

“Para petugas di lapangan juga berupaya mencegah terjadinya praktik politik uang yang marak terjadi saat pesta demokrasi,” ungkap dia.

Bagja menambahkan, dalam penyelesaian sengketa pelanggaran administrasi, Bawaslu pernah mempersoalkan saat KPU mewajibkan partai politik untuk mendaftar melalui sistem informasi partai politik (Sipol).

“Selama penyelesaian perselisihan, Bawaslu memutuskan bahwa Sipol tidak boleh menjadi aplikasi wajib yang digunakan oleh partai politik saat mendaftarkan. Karena tidak diperlukan dalam UU Pemilu,” terangnya.

Bagja mempersilakan mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia untuk kuliah kerja lapangan di Bawaslu. Dirinya menyatakan, nantinya mahasiswa bisa melihat langsung kerja-kerja Bawaslu dalam mengawasi tahapan pesta demokrasi.

“Silakan bergabung bersama Bawaslu. Kalian akan mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah didapat sebelumnya,” tuturnya.

Dalam kunjungan para mahasiswa UI ini, Bagja didampingi Kepala Sub Bagian Hubungan Antarlembaga Ahmad Ali Imron, Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum, Witra Evelyn beserta jajaran staf Bawaslu.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu