• English
  • Bahasa Indonesia

Diapresiasi, Bawaslu Akan Bagi Pengalaman ke Asia Tenggara

Director ANFREL Chandanie Watawal (baju cokelat) saat diterima dua Anggota Bawaslu M Afifuddin dan Fritz Edward Siregar bersama jajaran Bawaslu, Selasa 16 Juli 2019/Foto: Bambang Dwytomo

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Kinerja Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2019 mendapat apresiasi Asian Network for Free Elections (ANFREL). Atas kerja baik itu, Bawaslu akan berbagi pengalaman kepada pemangku kepentingan kepemiluan hingga ke Asia Tenggara.

"Kami mengapresiasi kinerja Bawaslu dalam mengawasi Pemilu 2019. Untuk itu juga, perlu ada penyebaran pengalaman Bawaslu kepada pemangku kepentingan kepemiliuan di Asia," ujar Excecutive Director ANFREL Chandanie Watawal pada audiens Bawaslu dengan ANFREL di Bawaslu, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Bawaslu Sulsel Sampaikan Keterangan Pelanggaran Pemilu di Selayar 

Untuk memastikan pengalaman baik itu terbagikan, ANFREL akan melakukan kerja sama dengan penyelenggara pemilu di beberapa negara.

Anggota Bawaslu M Afifuddin mengungkapkan, beberapa hal dapat dibagikan diantaranya Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pengawasan partisipatif pemilu berbasis teknologi, yaitu  aplikasi Gowaslu, pusat pengawasan partisipatif pemilu, pengawasan media sosial, dan sekolah kader pengawasan. Menurut Afifuddin, program-program yang diinisiasi Bawaslu tersebut salah satu kunci keberhasilan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Baca juga: Bawaslu Telah Tindak Lanjut Berkurangnya Kursi PKS di Lampung

Lebih lanjut, dalam audiensi tersebut juga dibahas mengenai rencana perpanjangan kerja sama Bawaslu dengan ANFREL. Kerja sama dua lembaga ini terlaksana sejak 2018 lalu.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan Secretary General Asia Democracy Network Ichal Supriadi.

Editor: Ranap Tumpal HS

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu