• English
  • Bahasa Indonesia

Daluwarsa, Bawaslu Tak Terima Laporan Caleg DPRD Provinsi Papua

Suasana sidang pendahuluan atas laporan caleg DPRD Provinsi Papua di Ruang Sidang Bawaslu, Rabu 26 Juni 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu tidak menerima laporan Nomor 71/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019. Laporan yang dibuat Mathea Mamoyao dianggap telah melewati batas waktu pelaporan atau dianggap sudah daluwarsa, yakni melewati tujuh hari sejak peristiwa diketahui.

Hal ini tertuang dalam Pasal 25 ayat 5 Perbawaslu Nomor 8 tentang Penyelesaian Pelanggaran Administratif Pemilu, Laporan Dugaan Pelanggaran Administratif Pemilu, dan Pelanggaran Pemilu TSM.

Baca juga: Bawaslu Putuskan Rekapitulasi Suara DPD Dapil Sumut Sesuai Prosedur

‘’Menyatakan laporan tidak diterima dan tidak dapat ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan,’’ kata Ketua Majelis Fritz Edward Siregar dalam sidang pendahuluan di Ruang Sidang Bawaslu, Rabu (26/6/2019).

Anggota Majelis Ratna Dewi Pettalolo menambahkan, pelapor dalam laporannya mendalilkan mengetahui peristiwa yang dilaporkan pada 14 Juni 2019. Menurut pertimbangan Majelis Pemeriksa, Ratna menyatakan, secara faktual hal tersebut tidak wajar karena penetapan hasil pemilu secara nasional oleh KPU melalui keputusan Nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 pada 21 Mei 2019 sebagai tahapan akhir seluruh rekapitulasi.

Mathea dalam hal ini melaporkan KPU Kabupaten Mimika dan KPU Kabupaten Paniai. Ratna bilang, kedudukan pelapor sebagai calon anggota DPRD Provinsi Papua tentu sangat berkepentingan untuk mengetahui setiap proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di setiap tingkatan.

Baca juga: Bawaslu Putuskan Tiga PPK di Jateng Perbaiki Formulir DAA1

Dirinya melanjutkan, dalam pertimbangan Majelis Pemeriksa menggunakan waktu penetapan hasil pemilu oleh KPU pada 21 Mei 1 2019 sebagai rekapitulasi tingkat akhir yang menjadi tolak ukur pelapor mengetahui peristiwa yang dilaporkan. Untuk itu, lanjutnya, batas waktu penyampaian laporan paling lama disampaikan tanggal 29 Mei 2019.

‘’Pelapor menyampaikan laporan pada 19 Juni 2019. Sehingga Majelis Pemeriksa berpendapat penyampaian laporan telah melewati tenggang waktu yang ditentukan,’’ terangnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu