• English
  • Bahasa Indonesia

Bincang dengan Parpol, Bawaslu Ingatkan Sosialisasikan Parpol Bukan Orang yang Mau Nyaleg

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat menjadi narasumber dalam forum Bincang-Bincang Bawaslu dengan Parpol di Jakarta, Sabtu, (18/3/2023)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengingatkan untuk menahan diri tidak menyosialisasikan orang yang akan mencalonkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Dia mengatakan saat ini merupakan masa sosialisasi hanya bagi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, belum ada peserta pemilu dari calon legislatif, maupun calon presiden.

Saat ini, kata dia, baru ada peserta pemilu berupa 24 parpol yang telah ditetapkan KPU dengan tahapan sosialisasi. Lolly mengingatkan masa sosialisasi Pemilu 2024 lebih lama dibanding Pemilu 2019, masa kampanye Pemilu 2024 pendek hanya 75 hari dan akan dimulai pada November 2023.

"Di masa sosialisasi ini yang dibolehkan menyosialisasikan itu parpol, karena parpol yang sudah ditetapkan, parpol sudah punya nomor urut maka itulah yang disosialisasikan, tapi para kandidat 'yang digadang-gadang akan bertarung sebagai caleg' belum saatnya (sosialisasi) karena memang belum waktunya, tolong sahabat-sahabat sabar dulu," seru Lolly dalam forum Bincang-Bincang Bawaslu dengan Parpol di Jakarta, Sabtu, (18/3/2023).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas itu berharap parpol dapt memanfaatkan tahapan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya untuk menyosialisasikan sesuai aturan yang berlaku. "Selagi bisa, sosialisasikan parpol dengan cara yang benar, supaya parpol dikenal masyarakat, supaya parpol tidak asing di telinga publik," kata dia.

Di masa sosialisasi ini, lanjut Lolly parpol juga bisa melakukan kegiatan secara tertutup dengan memberitahukan kepada KPU dan Bawaslu. "Silakan masa sosialisasi ini digunakan semaksimalkan mungkin dengan sebaik-baiknya supaya orang kenal dengan parpol. Untuk orang-orang yang akan nyaleg bersabar dulu, karena kita akan melewati proses itu di Mei 2023. Kita sabar mengikuti jadwal dan ketetapan yang dlakuka KPU," kata Lolly.

Sebagai informasi, acara tersebut diikuti oleh sembilan parpol peserta Pemilu 2024 yakni PPP, PSI, Golkar, PKN, PKS, PKB, PBB, Partai Buruh, dan Hanura. Turut hadir pula Deputi Bidang Dukungan Teknis La Bayoni dan Kepala Biro Fasilitasi Pengawasan Asmin Lubis.

Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu