• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sulsel Siapkan 700 Halaman Keterangan Tertulis ke MK

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo (tengah) saksikan sidang sengketa PHPU Sulsel didampingi Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Sulsel Adnan Jamal (kanan) dan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sulsel Saiful Jihad (kiri) dalam sidang pendahuluan PHPU pileg di Gedung MK, Rabu 10 Juli 2019/Foto: Robi Ardianto

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Sulawesi Selatan (Sulsel) Adnan Jamal mengatakan pihaknya telah menyiapkan lebih dari 700 halaman keterangan tertulis dalam sengketa pemilihan legislatif ke panitera Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang telah teregister di MK lebih dari 700 halaman dari 9 pemohonan. Karena, dalam satu nomor perkara didalamnya ada beberapa permohonan," kata Adnan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Sembilan pemohon tersebut berasal dari partai politik yaitu Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang, PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.

Baca juga: Bawaslu Jateng Siap Beri Keterangan Hasil Pengawasan di Sidang PHPU Pileg

Keterangan yang diberikan oleh Bawaslu itu, lanjutnya, berdasarkan hasil kerja Bawaslu Sulsel. "Kami (Bawaslu Sulsel) memberikan keterangan berdasarkan hasil kerja Bawaslu Sulsel mulai dari pengawasan, penanganan pelanggaran ataupun penindakan," jelasnya.

Adnan menambhkan, keterangan tersebut terkait dengan pokok permohonan. Selain itu, keterangan tertulis yang telah dibuat merupakan hasil koordinasi dengan Bawaslu pusat.

Baca juga: Abhan Minta Bawaslu Daerah Percepat Bahas NPHD

Dalam kesempatan itu, Adnan menyatakan kesiapan Bawaslu Sulsel untuk memberikan keterangan dalam sidang PHPU pileg selanjutnya yang dijadwalkan pada Selasa (16/7/2019).  "Sangat sudah siap. Sebab, keterangan kami (Bawaslu Sulsel) sudah teregistrasi di MK dan dinyatakan lengkap," katanya.

Dia menyatakan, Bawaslu Sulsel telah menyiapkan ratusan alat bukti. "Satu alat bukti ada beberapa dokumen baik dari hasil pengawasan atau penindakan," ujarnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu