• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Riau Akan Terbitkankan Buku, Abhan: Validasi Data Penting!

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) saat menerima jajaran Bawaslu Riau di ruangannya dalam rangka finalisasi pracetak buku hasil pengawasan Pemilu 2019, Kamis 26 Desember 2019/Foto: Robi Ardianto

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Provinsi Riau akan menerbitkan total 12 buku perjalanan Pemilu 2019 dari masing-masing tingkat kabupaten/kota. Ketua Bawaslu Abhan menegaskan, dalam proses penyuntingan, data bisa dimunculkan sehingga harus valid dan akurat.

"Validasi data penting karena mungkin orang lain akan menjadikan buku ini sebagai literasi. Maka, data yang disajikan harus valid," katanya saat menerima jajaran Bawaslu Riau di ruangannya dalam rangka finalisasi pracetak buku hasil pengawasan Pemilu 2019, Kamis (26/12/2019).

Dalam kesempatan itu, pria kelahiran Pekalongan ini mengaku senang dengan pembuatan buku pengawasan Pemilu 2019 se-Riau tersebut. Sebab menurutnya, kejadian Pemilu 2019 belum tentu terulang kembali pada pemilu selanjutnya. "Apalagi setiap kabupaten/kota memiliki kekhasan masing-masing yang dapat disajikan ke publik," sebutnya.

"Belum tentu Pemilu 2019 akan terulang kembali pada pemilu selanjutnya. Karena itu, perlu didokumentasikan dengan kerja nyata agar diketahui oleh generasi selanjutnya," imbuh Abhan.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyatakan, kedua belas buku yang dimunculkan salah satu di antaranya menceritakan tentang persidangan 'in absentia' atau persidangan tanpa dihadiri oleh terlapor.

"Yang kita munculkan adalah kekhasan dari masing-masing kabupaten/kota. Juga ada hasil pengawasan di tengah gelombang demo massa, tantangan integritas pengawas, pengawasan di desa terisolir dan segala macam lainnya," tutup Rusidi.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu