• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Putuskan Dua PPK di Sukoharjo Perbaiki DAA1 DPR

Suasana sidang putusan untuk PPK Bulu dan PPK Tawangsari di Kabupaten Sukharjo, Kamis 20 Juni 2019/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawasan Pemilihan Umum – Bawaslu memutuskan dua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah melanggar adminitrasi pemilu. KPU diminta menindaklanjuti hasil perbaikan formulir DAA1 (rekapitulasi tingkat kelurahan/desa) di beberapa TPS untuk pemilihan calon anggota DPR RI.

Ketua Majelis Ratna Dewi Pettalolo saaat membacakan putusan atas laporan Nomor 18/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 mengatakan, dua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Sukoharjo terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar administrasi pemilu.

Dia menjelaskan, PPK Bulu dan PPK Tawangsari diminta melakukan perbaikan formulir DAA1 di TPS 7 Desa Puron, TPS 1 Pundungrejo, dan TPS 6 Kabupaten Sukoharjo sepanjang berkaitan dengan PDI Perjuangan sesuai laporan Kurniawan Budi  Prasetyo dan Rangga Panitis Whisnu Pratama.

Berita terkait: Bawaslu Periksa Tambahan Alat Bukti Dua Laporan Pileg dari Jateng

Selain itu, dalam putusannya, majelis Bawaslu memerintahkan KPU untuk menindaklanjuti perbaikan DAA1-DPR yang juga berkaitan rekapitulasi kecamatan hingga perbaikan rekapitulasi nasional. "Memerintahkan KPU RI untuk menindaklanjuti perbaikan DAA1-DPR, sesuai degan amar putusan," ujar Ratna di Ruang Sidang Bawaslu, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: Sidang Keempat PHPU di MK, Bawaslu Tambahkan Alat Bukti

Anggota Majelis Pemeriksa Rahmat Bagja menjelaskan, dalam pertimbangan majelis, kedua PPK tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi pemilu.

"Dalam fakta persidangan, PPK terbukti salah melakukan input data DAA1.DPR," ujar lelaki lulusan magister hukum dari Belanda ini.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu