• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Daerah Diminta Kreatif Produksi Konten Video Sosialisasi Pencegahan

Anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin saat menjadi narasumber dalam Rakernis Pengenebangan Sosialisasi dengan Metode Audio Visual di Jawa Tengah, Sabtu 16 November 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Purwokerto, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin meminta jajarannya lebih kreatif menyosialisasikan pencegahan pelanggaran Pilkada 2020 ke masyarakat. Dia meminta Bawaslu daerah mulai memproduksi konten-konten pencegahan dengan menggunakan audio visual.

Afif memandang, era saat ini sangat menuntut kebutuhan audio visual seperti konten video untuk melakukan sosialisasi. Kampanye atau sosialisasi pencegagan dengan melakukan deklarasi-deklarasi dinilai tak terlalu efektif. Terlebih, media sosial telah menjamur hingga ke daerah-daerah.

"Kita harus bisa memproduksi konten-konten yang bisa menjelaskan konten negatif (kampanye hoaks dan isu SARA). Konten tidak benar, kita berikan narasi tandingan," ucapnya dalam Rakernis Pengenebangan Sosialisasi dengan Metode Audio Visual di Jawa Tengah, Sabtu (16/11/2019).

Afif juga memaparkan data survei internal kepuasan kinerja serta popularitas kelembagaan. Data ini menurutnya merupakan alasan utama audio visual dipilih untuk dijadikan model sosialisasi kreatif ke publik.

Dia menjelaskan, sumber informasi utama masyarakat mengenai popularitas Bawaslu itu adalah media televisi. Kata Afif, semua survey lain juga mengatakan televisi itu sumber informasi utama. Yang kedua ialah media sosial, kurang lebih 30 persen orang dari seribu responden mengetahui Bawaslu dari media sosial.

"Ketiga yaitu portal berita online. Website resmi lembaga menempati keempat dengan 17 persen responden. Kelima, tahu Bawaslu dari keluarga, kerabat, teman. Keenam, media cetak. Terakhir, hanya satu persen baru radio," papar lelaki kelahiran Sidoarjo itu.

Dengan merujuk data tersebut, Afif menegaskan, metode audio visual harus dijadikan metode untuk mensosialisasikan virus pencegahan Bawaslu. Kemudian konten tersebut diunggah di media sosial masing-masing Bawaslu daerah.

"Kami harap dari forum ini, input dan outputnya dapat ditemukan agar apa yang bisa kita lakukan jelang pelaksanaan Pilkada 2020 lebih efektif," pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu