• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Apresiasi Kerja Keras Perempuan Pengawas Pemilu 2019

Ketua Bawaslu Abhan berfoto bersama dengan para pengawas perempuan dalam acara Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu Se-Indonesia di Gambir Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengapresiasi perjuangan kerja keras para perempuan pengawas pemilu dalam mengawal gelaran Pemilu 2019. Menurutnya, menjadi pengawas pemilu membutuhkan keberanian dan integritas yang kuat.

"Maka keberadaan kaum hawa sebagai pengawas pemilu menunjukkan bahwa perempuan mampu bersaing dengan laki-laki," ucapnya dalam acara Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu Se-Indonesia di Gambir Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Magister hukum dari Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang ini menegaskan, stigma negatif perempuan hanya di dapur, sumur, dan kasur harus diluruskan. Perempuan baginya mempunyai kedudukan mulia dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca juga: Bawalu Raih Humas Terpopuler, Abhan: Humas itu PentingĀ 

Abhan menegaskan, kaum ibu harus turut ambil bagian dalam seluruh bidang kehidupan ekonomi, sosial, dan politik. Dia bilang, perempuan mempunyai kesempatan setara dengan kaum laki-laki untuk turut mewarnai semua sendi kehidupan.

"Setiap diskriminasi terhadap perempuan untuk melakukan aktualisasi diri harus ditolak," cetus Abhan.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo berpandangan, pendidikan politik perempuan merupakan upaya penting untuk membentuk dan menumbuhkan orientasi-orientasi politik kaum hawa. Saat ini, nilainya, representasi perempuan dalam bidang politik masih jauh dari yang diharapkan.

Baca juga: Dewi Sampaikan Lima Masalah Sentra Gakkumdu Tangani Pemilu 2019

Dewi menegaskan, pendidikan politik bagi para perempuan bukan lagi sebuah hak yang bisa diperoleh perempuan sebagai warga nergara belaka. Namun, lanjutnya, sebuah kewajiban bagi pemerintah, partai politik, organisasi serta seluruh masyarakat untuk mewujudkannya.

"Karena perempuan adalah pilar dari demokrasi itu sendiri," tandas perempuan asal Palu Sulawesi Tengah itu.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu