• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja: Pengawas Pemilu Harus Bisa Jaga Etika Hukum

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM tentang Hukum dan Etika bagi Jajaran Pengawas Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Jambi, Minggu (24/11) malam.

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan jajaran Bawaslu tingkat kabupaten/kota untuk selalu menjaga etika dan hukum dalam melaksanakan tupoksi sebagai pengawas pemilu.

"Jajaran pengawas pemilu harus bisa dan mampu menjaga etika dan hukum, apalagi menghadapi Pilkada 2020 di Provinsi Jambi," ingatnya saat menjadi narasumber kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM tentang Hukum dan Etika bagi Jajaran Pengawas Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Jambi, Minggu (24/11) malam.

Dia menjelaskan, Bawaslu sebagai penyelenggara harus menaati kode etik. Bila tidak, menurutnya, akan bisa dibawa ke ranah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan hukum pidana. "Itu kalau kita tidak bisa menjaga etika dan hukum karena bisa menjerumuskan ke DKPP dengan ancaman peringatan atau pemberhentian," ujar dia.

Untuk itu, Anggota DKPP Ex Officio Bawaslu ini meminta jajaran pengawas pemilu untuk mengurangi aktivitas yang tidak bermanfaat. "Termasuk menerima fasilitas apa pun. Jadi hindari kegiatan-kegiatan yang bisa membawa kita ke arah orang untuk melaporkan ke DKPP, karena setiap gerak gerik kita selalu diawasi oleh masyarakat,l. Untuk itu, berhati-hatilah dalam beraktivitas," jelasnya.

Bagja pun mengajak jajaran pengawas pemilu untuk selalu menjaga solidaritas dan kekompakan tim. "Ini penting untuk menjadi modal dalam menghadapi pilkada di Provinsi Jambi," tutupnya.

Dalam acara ini, turut mendampingi Bagja, Ketua dan Anggota Bawaslu Jambi dan jajaran pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Penulis/Foto: Deddy Himawan (Humas Bawaslu Jambi)
Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu