• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Jabarkan Progam Strategis Bawaslu dalam Forum Konsolidasi Yanmas Fungsi Intelkam

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kiri memegang mikrofon) saat menjadi narasumber dalam kegiatan konsolidasi bidang Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Fungsi Intelkam yang digelar oleh Polri, Selasa, (16/5/2023).

Tangerang Selatan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memaparkan sejumlah program strategis Bawaslu pada Pemilu 2024. Dia menuturkan, salah satunya membangun komunikasi dan koordinasi secara intensif dengan lembaga penyelenggara pemilu serta lembaga lainnya seperti kepolisian.

"Kami selalu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan kepolisian. Peran kepolisian sangat penting, terutama dalam menjaga tahapan pemilu agar berjalan dengan baik," katanya saat menjadi narasumber dalam kegiatan konsolidasi bidang Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Fungsi Intelkam yang digelar oleh Polri, Selasa, (16/5/2023).

Bagja menambahkan, Bawaslu juga melakukan pengawasan kepemiluan secara melekat dengan mempertimbangkan karakter serta kondisi di daerah masing-masing. Untuk itu, lanjutnya, Bawaslu senantiasa bersikap dan bertindak proaktif terhadap pengawasan pemilu serta bersikap responsif terhadap laporan dugaan pelanggaran pemilu.

"Bawaslu terus memperkuat pemahaman dan kemampuan jajaran pengawas dalam memeriksa dan memutus pelanggaran administrasi dan penyelesaian sengketa pemilu dan pilkada. Juga melakukan supervisi kepada jajaran pengawas pemilu di bawahnya untuk memastikan integritas dan profesionalitas," terangnya.

Alumni Universitas Indonesia ini menuturkan, seluruh jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota terus melakukan kerja sama kelembagaan dalam membangun kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Komisi Aparatur Sipil Negara terkait pengawasan terhadap netralitas ASN dan penggunaan fasilitas negara.

"Bawaslu sebagai salah satu pengawal pemilu dan demokrasi harus mampu mengawal terciptanya proses transisi kekuasaan secara adil, demokratis dan legitimate, serta mendorong kepercayaan rakyat terhadap prosedur demokrasi dalam menjembatani proses transisi kekuasaan. Peran krusial Bawaslu inI dapat dijalankan dengan dukungan seluruh elemen kebangasan," tuturnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawarman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu