• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ingatkan Soal Potensi Sengketa Proses Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat menutup kegiatan Rapat Kerja Teknis Gelombang IV dengan tema Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu pada Pemilihan Umum Tahun 2024. di Bali, pada Selasa, (6/12/2022)

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan soal banyaknya potensi sengketa proses pada Pemilu 2024. Untuk itu, ajak dia, seluruh divisi Bawaslu harus melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap tahapan pemilu yang saat ini sudah berjalan.

Dia juga mengingatkan kepada divisi penyelesaian sengketa, menyiapkan diri menghadapi kemungkinan sengketa. Salah satunya membaca ulang sejarah penyelesaian sengketa pada Pemilu 2019.

"Kemungkinan (sengketa) itu tetap ada. Bagaimana jika ada permohonan penyelesaian sengketa proses pemilu, karena ada calon yang fotonya tidak sesuai dengan kenyataan seperti peristiwa calon DPD pada Pemilu 2019 silam," katanya saat menutup kegiatan Rapat Kerja Teknis Gelombang IV dengan tema Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu pada Pemilihan Umum Tahun 2024. di Bali, pada Selasa, (6/12/2022).

Selain itu, dia meminta anggota Bawaslu provinsi/kabupaten/kota untuk membantu jajarannya dalam meningkatkan pengetahuan, terutama soal hukum pemilu.

"Setiap ilmu pengetahuan harus diamalkan agar staf menerima pengetahuan yang sama dengan anggota Bawaslu. Sering-sering mengajari staf guna meningkatkan pengetahuan mereka dalam menjalankan kerja-kerja Bawaslu daerah," jelasnya.

Fotografer: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu