• English
  • Bahasa Indonesia

Ajak Mahasiswa Didik Masyarakat, Bagja: Politik Uang Gadaikan Masa Depan

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi pembicara dalam kegiatan Bawaslu Goes to Campus di di Majene, Sulawesi Barat, Jumat 14 Februari 2020/Foto: Muhtar

Majene, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengajak mahasiswa dapat memilih kepala daerah dengan benar dan menginformasikan kepada masyarakat. Dirinya berharap mahasiswa ikut terlibat mendidik masyarakat menjadi pemilih berkualitas dengan melawan politik uang.

"Kita harus mendidik pemilih yang berkualitas. Bukan memilih karena ada politik uang," ajak Bagja kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan 'Bawaslu Goes To Campus' dengan tema: Seminar Nasional Konsolidasi Demokrasi Menuju Pilkada Serentak 2020 di Majene, Sulawesi Barat, Jumat (14/2/2020).

Bagja mengatakan politik uang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Dirinya mengibaratkan politik uang adalah hantu demokrasi, racun demokrasi.

"Jika bergabung dengan hantu demokrasi dalam politik uang, maka jadilah iblis demokrasi," tegasnya.

Bagja mengingatkan, bila pandangan mahasiswa menganggap politik uang adalah berkah dan rejeki, maka turut membuat kehancuran Negara dengan menghadirkan pemimpin yang tak berintegritas. Menurutnya, musuh terbesar demokrasi adalah politik uang. Dia menegaskan, jika pilkada langsung tidak menghasilkan perbaikan maka demokrasinya ada tanda tanya yang besar.

"Itulah yang harus dipikirkan karena politik uang tidak hanya menggadaikan massa depan bangsa, Politik uang juga menggadaikan kualitas demokrasi," ungkapnya.

Dia melanjutkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa haram terhadap praktik politik uang.

"Jika pemilih kita menganggap politik uang sebagai barang haram disentuh pun tidak boleh, Insyallah demokrasi kita akan lebih baik lagi ke depan. Jadi jangan terima politik uang. Itu PR kita terbesar," imbuh dia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu