• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Simpulkan Efektivitas Perekrutan SDM Berdampak Kualitas Pengawasan

Kepala Bagian SDM dan TUP Bawaslu Hotma Maya Marbun (kiri) mendampingi Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam memberikan arahan Rapat Pembahasan Hasil Crosstab Terhadap Evaluasi Panwaslu Ad Hoc Gelombang II di Batu, Malang, Rabu 24 Juli 2019/Foto: Reyn Gloria

Batu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyimpulkan, efektivitas perekrutan sumber daya manusia (SDM) sangat berpengaruh dengan kualitas pengawasan pada Pemilu 2019. Sebab menurutnya, semua pengawasan yang efisien bergantung pada Panwaslu yang berkompeten.

Baca juga: CPNS Kompak, Bawaslu Kembali Raih Penghargaan

Afif bahkan menyampaikan beberapa Bawaslu tingkat provinsi mendapat apresiasi dari hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam menyampaikan keterangan tertulis atas pengawasan yang dilakukan. Walaupun, masih ada pula yang diberikan catatan.

"Hampir seluruh hakim MK mengapresiasi cara kita menyajikan keterangan tertulis. Walau ada juga daerah-daerah yang diberi catatan karena penyajiannya tidak sebaik daerah lain," jelas Afif di Batu, Malang, Jawa Timur, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, jika ada yang bermasalah dalam pengawasan, maka yang bertanggungjawab adalah yang merekrut SDM. Oleh karena itu, selain bimbingan teknis yang diberikan kepada Panwaslu harus juga disusun sistem perekrutan yang efektif.

"Yang utama adalah bagaimana teman-teman SDM merekrut para pengawas dengan baik," tegasnya.

Baca juga: Abhan Tekankan Seleksi SDM Panwaslu Ad Hoc Mengacu Kualitas

Afif menekankan adanya evaluasi dengan prosedur atau beberapa indikator yang dapat teruji. Dirinya pun meminta agar Bawaslu tingkat provinsi dapat menerima masukan dan mengevaluasi crosstab yang telah dibuat.

"Crosstab itu kan untuk mengevaluasi, memberi titik masuk kepada poin-poin yang kita kedepankan dalam proses rekrutmen. Jadi penting untuk dicermati," tutupnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu