• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Tekankan Seleksi SDM Panwaslu Ad Hoc Mengacu Kualitas

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) saat memberikan sambutan dalam Rapat Pembahasan Hasil Crosstab Terhadap Evaluasi Panwaslu Ad Hoc Gelombang II di Batu, Malang, Selasa 23 Juli 2019/Foto: Reyn Gloria

Batu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menyatakan, peran jajaran panitia pengawas pemilu (panwaslu) sangat vital dalam Pemilu 2019. Untuk itu dirinya menekankan perlu adanya evaluasi agar panwaslu Ad hoc bisa meningkatkan kualitasnya. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Pembahasan Hasil Crosstab Terhadap Evaluasi Panwaslu Ad Hoc Gelombang II di Batu, Malang, Jawa Timur.

Dia mengungkapkan, jika tidak ada panwaslu Ad hoc berkualitas, maka Bawaslu tidak dapat bekerja maksimal dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin. "Bisa dibayangkan kalau kualitas kapasitas jajaran Ad hoc kita tidak qualified. Kita tidak bisa tegak menjalankan tugas pengawasan," ujarnya, Selasa (23/7/2019) malam.

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Akan Bentuk Jajaran Ad Hoc Sebelum KPU

Guna meningkatkan kualitas, Abhan merasa evaluasi dan metode peningkatan kualitas harus disusun kembali. Dirinya mencontohkan rekrutmen jajaran atau bahkan peningkatan kapasitas kinerja terlebih dalam menghadapi Pilkada 2020 yang diselenggarakan di 270 daerah.

"Ke depan kita harus bisa menghadirkan pengawas yang punya kapasitas dan kapabilitas, sehingga mereka bisa meringankan tugas-tugas kita," jelasnya.

Setelah memiliki jajaran yang berkualitas, Abhan menekankan pula agar Bawaslu tingkat kabupaten/kota dapat mendiskusikan terkait evaluasi dan pembinaan internal. Sebab baginya kinerja Bawaslu keseluruhan bergantung pada kualitas yang ditunjukkan di kabupaten/kota.

 "Maka kita mesti juga rancang kegiatan merumuskan evaluasi dan metode pembinaan bagi Bawaslu kabupaten/ kota," kata Abhan.

Baca juga: Gunawan Ajak CPNS Lanjutkan Pendidikan dan Bekerja Tanpa Korupsi 

Perlu diketahui, dalam penyelenggaraan rapat pembahasan ini, Bawaslu RI mengundang 17 Bawaslu Provinsi untuk mempresentasikan kinerja divisi SDM di masing-masing daerah.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Reyn Gloria

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu