• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Ingatkan Pengawas Pemilu Bisa Antisipasi Disrupsi Teknologi

Anggota Bawaslu M Afifuddin (tengah) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilu Bawaslu DKI Jakarta di Kawasan Cililitan Jakarta Timur, Jumat 4 Oktober 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

akarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu M Afifuddin mengingatkan jajaran pengawas pemilu untuk selalu antisipatif terhadap era disrupsi teknologi. Dia menilai, pelbagai sektor saat ini tengah dihadapkan dalam era pergeseran berbasis kecanggihan teknologi, termasuk dalam dunia kepemiluan.

Anggota Bawaslu yang karib disapa Afif itu menegaskan, era disrupsi teknologi tak bisa dihindari. Dalam kehidupan sehari-hari saja, lanjutnya, manusia kini sudah bisa pesan makan, belanja, mengontrol bisnis sembari tiduran melalui aplikasi di layar telepon selular. Baginya hal sama terjadi dalam dunia kepemiluan, maka dari itu menurutnya para pengawas pemilu harus menyiapkan cara pandang antisipatif untuk bisa beradaptasi dengan disrupsi teknologi.

"Dalam konteks pemilu bisa jadi ada hal-hal yang mengadaptasi situasi-situasi itu. Saya kira pengawas harus menyesuaikan. Tentu regulasinya harus bergantung UU," ucapnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilu Bawaslu DKI Jakarta di Kawasan Cililitan Jakarta Timur, Jumat (4/10/2019)

Afif memandang, era disrupsi teknologi merupakan era yang bisa memunculkan hal-hal yang tidak terpikirkan. Dia mengatakan, gagasan electronic votting (e-voting) dan electronic recapitulation (e-rekap) yang saat ini mendapat kritikan bisa jadi bakal terlaksana pada pemilu berikutnya. Kritikan tersebut, kata Afif, banyak datang dari para pakar lantaran dasar hukumnya belum kuat dalam UU.

"Kita harus mulai beroikir bagaimana pemanfaatan teknologi membuat cepat, baik hasil maupun proses pengawasan di era distruption," pungkas mantan aktivis mahasiswa tersebut.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 29 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 28 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 22 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu