• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Ingatkan Pengawas Pemilu Bisa Antisipasi Disrupsi Teknologi

Anggota Bawaslu M Afifuddin (tengah) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilu Bawaslu DKI Jakarta di Kawasan Cililitan Jakarta Timur, Jumat 4 Oktober 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

akarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu M Afifuddin mengingatkan jajaran pengawas pemilu untuk selalu antisipatif terhadap era disrupsi teknologi. Dia menilai, pelbagai sektor saat ini tengah dihadapkan dalam era pergeseran berbasis kecanggihan teknologi, termasuk dalam dunia kepemiluan.

Anggota Bawaslu yang karib disapa Afif itu menegaskan, era disrupsi teknologi tak bisa dihindari. Dalam kehidupan sehari-hari saja, lanjutnya, manusia kini sudah bisa pesan makan, belanja, mengontrol bisnis sembari tiduran melalui aplikasi di layar telepon selular. Baginya hal sama terjadi dalam dunia kepemiluan, maka dari itu menurutnya para pengawas pemilu harus menyiapkan cara pandang antisipatif untuk bisa beradaptasi dengan disrupsi teknologi.

"Dalam konteks pemilu bisa jadi ada hal-hal yang mengadaptasi situasi-situasi itu. Saya kira pengawas harus menyesuaikan. Tentu regulasinya harus bergantung UU," ucapnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Pemilu Bawaslu DKI Jakarta di Kawasan Cililitan Jakarta Timur, Jumat (4/10/2019)

Afif memandang, era disrupsi teknologi merupakan era yang bisa memunculkan hal-hal yang tidak terpikirkan. Dia mengatakan, gagasan electronic votting (e-voting) dan electronic recapitulation (e-rekap) yang saat ini mendapat kritikan bisa jadi bakal terlaksana pada pemilu berikutnya. Kritikan tersebut, kata Afif, banyak datang dari para pakar lantaran dasar hukumnya belum kuat dalam UU.

"Kita harus mulai beroikir bagaimana pemanfaatan teknologi membuat cepat, baik hasil maupun proses pengawasan di era distruption," pungkas mantan aktivis mahasiswa tersebut.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu